Satgas Pamtas Yonif R 300/Bjw, Menenangkan Dan Mendata Pengungsi di Desa Wambes

PAPUA, Fakta- Satgas Pamtas Yonif R 300/Bjw, Danpos wambes Letda Czi M. Rahmat membantu menenangkan dan mendata identitas para pengungsi yang di dominasi warga pribumi didesa wambes Pir V, Distrik Mannem Kab. Keerom Prov. Papua, Selasa (1/10-2019).

Kegiatan mendata pengungsi tersebut bertempat di Aula Desa, diawali dari laporan Kepala Desa Wambes Frans Abbar kepada Pos Wambes bahwa di Desanya sudah banyak berdatangan para pendatang yang tidak dikenal akan mengungsi untuk sementara waktu di Desa Wambes.

Warga masyarakat yang berdatangan ke desa wambes tersebut didominasi oleh penduduk pribumi yang berasal dari Abepura dan Bumi Perkemahan.

Tidak berselang lama dari waktu kedatangan para pengungsi tersebut, bertempat di Aula Pertemuan Balai Desa Wambes semua warga yang mengungsi dikumpulkan,

atas saran yang di berikan oleh Danpos Wambes kepada Kepala Desa, agar seluruhnya warga masyarakat pendatang tersebut didata, yang bertujuan untuk mendata identitas dan untuk data kelengkapan informasi yang kedepannya akan dibutuhkan apabila terjadi sesuatu hal.

Turut hadir dalam kegiatan pendataan warga masyarakat pribumi pengungsi dari daerah Abepura dan Bumi Perkemahan ke Sesa Wambes antara lain, Kepala Distrik a

Mannem Adolof Boryam S.I.P, Kepala Desa Wambes Frans abbar, Tokoh Agama Wambes Pendeta Nicholas, Bamuskam wambes Anton number, Danpos wambes Letda Czi M. Rahmat, RW dan RT Desa Wambes

Dari hasil pendataan didapat informasi bahwa penyebab dari mereka mengungsi ke desa Wambes antara lain mereka ingin mencari tempat perlindungan yang aman, karena ditempat mereka sebelumnya merasa trauma dan ketakutan pasca kejadian demonstrasi yang terjadi hampir diseluruh wilayah Jayapura. Total seluruhnya para pengungsi yang didata berjumlah 89 orang terdiri dari 42 orang laki-laki, 29 orang perempuan dan 18 orang anak-anak.

Seluruhnya para pengungsi ditenangkan dan diberikan pengertian oleh Kepala Distrik Mannem dan Danpos Wambes.

Keberadaan aparat pemerintahan dalam hal ini Kepala Distrik mempunyai kewajiban untuk memberikan fasilitas dan menjamin kehidupan yang layak dan sejahtera bagi warga masyarakatnya.

Selanjutnya untuk TNI mempunyai tugas pokok diantaranya untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta menjamin keamanan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Distrik Mannem Adolof Boryam S,I.p mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Wambes yang telah turut andil dan cepat tanggap terhadap semua permasalahan yang terjadi dilingkungan warga masyarakatnya.

Kepala distrik Mannem menyampaikan harapannya agar keberadaan Pos Wambes terus menjalin kebersamaan yang harmonis dan tetap memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi warga disekitarnya.

Dansatgas Pemtas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno, S.I.P, melalui Danpos Wambes Letda Czi M. Rahmat mengatakan, " para pengungsi didata, berikan tempat tinggal sementara dan berikan rasa aman dan nyaman selama berada di Distrik Wambes ". (Pendam/red).
  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.