Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ditahan KPK, Bartholomeus Toto Resmi Ajukan Praperadilan ke PN Jaksel

Kamis, 28 November 2019 | 13:47 WIB Last Updated 2019-11-28T06:48:05Z
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Tersangka Bartholomeus Toto yang kini ditahan KPK melalui Kuasa Hukum-nya, Supriyadi, SH, MH resmi mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, pada Rabu (27/11-2019). Bartholomeus Toto ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan terlibat penyuapan pengurusan Izin Peruntukan dan Pengunaan Tanah (IPPT) untuk Mega Proyek Meikarta.

“ Kami nyakin klain kami (Bartholomeus Toto-red) tidak bersalah dan tidak pernah melakukan penyuapan terhadap mantan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebesar Rp. 10,5 Miliar sebagaimana yang dituduhkan KPK. Maka pada ( Rabu, 27/11-2019) kemarin, kami resmi mengajukan permohonan praperadilan ke kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan”, ujar Supriyadi kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon selulernya. Kamis, (28/11-2019).

Berdasarkan berkas surat pengajuan praperadilan yang diterima kuasa hukum Bartholomeus Toto, Supriyadi, berkas gugatan diterima Panitera PN Jaksel pada 27 November 2019 dengan nomor perkara 151/Pid.Pra/2019/PN Jaksel. “Gugatan pra peradilannya sudah kami ajukan ke PN Jakarta Selatan. Sudah diterima Panitera. Tapi untuk sidangnya belum dijadwalkan,” ujar Supriyadi.

Kita mengajukan praperadilan karena praperadilan diatur di Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan bisa diajukan oleh tersangka. Praperadilan adalah untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka, penahanan, penggeledahan hingga penyitaan serta sah atau tidak nya SP3.

Dikatakan, Supriyadi, praperadilan diajukan karena pihaknya merasa ada hal yang mengganjal dalam penetapan kliennya sebagai tersangka. Termasuk saat KPK melakukan penahanan. “Kami mengajukan praperadilan karena penetapan tersangka hanya berdasarkan satu alat bukti,” tegas Supriyadi.

Penetapan Bartholomeus Toto sebagai tersangka bermula dari pernyataan Kepala Divisi Land and Ackuisition PT Lippo Group, Edi Dwi Soesianto, pada persidangan beberapa waktu lalu. Saat itu Edi menyebut Bartholomeus menerima uang Rp 10,5 miliar dari sekretaris Toto, Melda Peni Lestari.

Pemberian uang itu disebut Edi, sepengetahuan Bartholomeus Toto. Dalam persidangan, Edi bahkan menyampaikan jika penyerahan uang dilakukan di helipad PT Lippo Cikarang. Uang itu kemudian diberikan secara bertahap pada Bupati Bekasi pada Juni, Juli, Agustus, September, November 2017 dan Januari 2018.

Namun, dalam persidangan, baik Melda dan Toto membantah telah memberikan uang itu ke Edi Dwi Soesianto. Artinya, kesaksian pemberian uang Rp 10,5 miliar itu tidak ‎disertai alat bukti pendukung lain, kata Supriyadi,

Sedangkan menurut KUHAP, lanjut Supriyadi, penetapan tersangka harus didukung oleh setidaknya ‎dua alat bukti yang cukup. “Jadi menurut kami, penetapan Bartholomeus Toto sebagai tersangka tidak sah karena tidak didukung dua alat bukti yang cukup. Di sidang pra peradilan ini, kami akan menguji kesaksian Edi Dwi Soesianto,” terangnya.

Sebelumnya, Bartholomeus Toto juga sudah melaporkan Edi Dwi Soesianto ke Polrestabes Bandung atas kesaksianya di persidangan. ‎”Masalah diterima atau tidak, benar atau salah, urusan nanti. Yang pasti saya akan perjuangkan hak klien saya di mata hukum yang sudah dilanggar KPK. Bahwa ada proses hukum yang sewenang-wenang dalam penetapan tersangka ini,” tandasnya. (hahw).
×
Berita Terbaru Update