Satgas Citarum Sektor 11 : Siswa Pahami dan Terapkan Perilaku Sadar Lingkungan

HAURWANGI, faktabandungraya.com,--- Melalui kegiatan sosialisasi program citarum harum diharapkan para siswa mendapatkan pemahaman tentang upaya pemerintah dalam melakukan percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Yang lebih penting, para siswa mulai merubah perilaku dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sebagai salahsatu dukungan untuk mensukseskan program citarum harum.

Hal itu diungkapkan Komandan Sektor 11 satgas citarum Kol Caj Firman Aidil melalui Danki 2 Kapt Arm Suhardi SE, dalam kegiatan sosialisasi citarum harum yang digelar di SMK Nurul Hidayah Pasundan, Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Kamis (28/11/19).

"Selain mendapatkan pemahaman tentang program citarum harum, kedepannya agar para siswa lebih sadar lingkungan, merubah perilaku yang tadinya kurang peduli lingkungan menjadi peduli, contohnya yang tadinya buang sampah sembarangan sudah tidak lagi," ujarnya.

Dengan mengikuti kegiatan ini, "para siswa bisa menyampaikan apa yang mereka dapatkan dalam kegiatan sosialisasi ini kepada teman temannya," imbuh Kapten Suhardi.

Kedepan, menindaklanjuti kegiatan sosialisasi ini, rencananya Satgas Citarum Sektor 11 dan pihak sekolah akan melaksanakan karya bakti di lingkungan sekitar sungai.

"Tadi juga pihak sekolah mengatakan untuk sesekali dilibatkan dalam kegiatan di lapangan, nanti kita agendakan jadwal dan lokasinya. Kita cari lokasi sungai yang bisa diterjunkan para siswa," tuturnya.

"Ikut kegiatan karya bakti di sungai juga merupakan edukasi langsung kepada siswa, melihat bagaimana kondisi sungai, manfaat sungai, dan sungai harus kita jaga bersama," ungkapnya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Nurul Hidayah Pasundan Komarudin mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di sekolahnya. Menurutnya, apa yang dipaparkan oleh satgas citarum sektor 11 terkait penanganan pencemaran lingkungan ini menjadi sebuah pelajaran yang bermanfaat bagi siswa didiknya.

"Banyak dampak positif yang bisa diambil dari kegiatan ini, siswa harus tahu bahwa dampak dari membuang sampah sembarangan banyak merugikan lingkungan dan kesehatan, dan siswa mulai tahu bahwa melindungi kelestarian lingkungan dan alam adalah menjadi kewajiban kita semua sebagai umat muslim pada khususnya," terangnya.

Guna mendukung upaya satgas citarum dalam menanggulangi sungai dari pencemaran sampah, pihak sekolah akan mengurangi sampah kemasan plastik yang disediakan pedagang yang ada di lingkungan sekolah.

"Untuk penanganan sampah, kami akan mengurangi para penjual makanan yang menggunakan kemasan plastik, karena sangat berdampak sekali dalam menyumbang sampah, nanti akan kami sosialisasikan guna mendukung program citarum harum," pungkasnya. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.