Satgas Sektor 21-13 Cimahi Selatan Pasang Jaring Sampah di Sungai Cibaligo Cimahi

CIMAHI, faktabandungraya.com,--- Upaya menimalisir pencemaran sampah rumah tangga mengalir ke sungai Citarum, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi selatan pasang Jaring Sampah di aliran sungai Cibaligo, tepatnya di RT 03 RW 01 (samping PT Kamarga), Kelurahan Melong.

"Pembuatan jaring sampah ini dilakukan guna menimalisir potensi pencemaran sampah yang terbawa arus lebih dari 10 RW yang ada di wilayah sepanjang hulu sungai Cibaligo," ujar Serka Lilik Dansubsektor 21-13, Sabtu (14/12/19).

Selain itu, jaring sampah ini dibangun sebagai alat monitoring tingkat pencemaran sampah dari warga sepanjang aliran sungai Cibaligo.

"Setiap hari kita akan cek terus, jadi ketika ada sampah yang terjaring kita akan bersihkan, tidak menunggu sampai menumpuk," ujarnya.

Spesifikasi jaring sampah ini menyesuaikan lebar dan kekuatan arus sungai. Sebelumnya satgas telah memasang jaring sampah di tempat yang sama, namun karena konstruksinya kurang baik, maka diperbaharui dengan sistem dan konstruksi yang lebih kokoh dari sebelumnya. Jaring sampah yang dipasang di sungai Cibaligo memiliki lebar 2,5 meter, dengan ketinggian 1 meter, diperkirakan mampu menampung sampah sebanyak 500 Kg.

Rencananya, Satgas Subsektor 13 akan memasang 3 unit jaring sampah dengan konstruksi yang sama di 3 aliran sungai.

"Kita sudah rencanakan pemasangan jaring sampah ada 3 unit di 3 aliran sungai, selain sungai cibaligo, nanti kita pasang di sungai cimahi jalan industri, sungai cibeureum di sasak golkar," pungkasnya. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.