Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Dampak Pembangunan Kereta Cepat “ Banjir” , DPRD Jabar Kunjungi Kantor Proyek KCJB di Jakarta

JAKARTA, Faktabandunagraya.com,--- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, DR.Hj. Ineu Purwadewi Sundari, bersama pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke kantor Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, tunel 1, di Jakarta , Kamis, (9/1-2020).

Menurut Inue Purwadewi Sundari, kedatangan dirinya bersama pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Jabar ke kantor proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Jakarta ini, untuk mendiskusikan masalah banjir sebagai dampak dari pembangunan proyek KCJB dan sekaligus kita ingin tahu perkembangan pembangunan KCJB.

Sebagaimana kita tahu bersama, bahwa pada awal bulan Januari 2020 lalu, curah hujan cukup deras, sehingga telah terjadi musibah banjir yang melanda kecamatan Padalarang, Cimareme dan sebagian Kota Cimahi. Padahal selama ini sebelum ada pembangunan proyek KCJB, belum pernah terjadi banjir bandang di daerah tersebut, ujar Ineu kepada wartawan saat ditemui disela kunker ke kantor proyek KCJB.

Musibah banjir yang terjadi di Jawa Barat terutama sejak ada pembangunan proyek KCJB khususnya di daerah yang dilintasi oleh proyek kereta cepat Jakarta Bandung. Untuk kita berharap, musibah banjir tidak terjadi lagi, walaupun daerah yang lintasan proyek KCJB dilanda hujan lebat.

Ineu menambahkan, bahwa kunker ke kantor KCJB ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Komisi IV ke daerah terdampak banjir di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, yang dimana terdapat 3 proyek pembangunan yang dilakukan secara bersamaan, sehingga ketika ada musibah banjir harus ada koordinasi bersama-sama.

Namun untunglah banjir tidak merendam Cimarema, Padalarang dan sebagian Cimahi tidak berlangsung lama. Untuk itu, kami dari DPRD Jabar mengapresiasi langkah dari rekan rekan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dalam cepat tanggapnya menangangi banjir,

Cepat tanggap dalam mengatasi banjir akibat dampak pembangunan KCJB, tentunya perlu kita aptresiasi. Hal ini berkat lancarnya komunikasi dari pihak KCJB bersama pihak lain untuk menangani banjir.

Dalam kesempatan tersebut, Ineu juga meminta pihak proyek KCJB untuk bersama sama mencegah banjir dan memperhatikan seluruh aspek terutama yang dilalui oleh Proyek KCJB seperti sistem drainase, sampah serta amdal dari proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Untuk itu, tentunya kita semua berharap, agar proyek kereta cepat Jakarta Bandung bisa selesai sesuai target yang direncanakan, tandasnya. (hms/sein).

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono, mengatakan pertemuan pertama dengan pihak Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk selanjutnya pihaknya akan melakukan sinergitas sebagai upaya antisipasi kejadian banjir tidak terulang kembali dan pembangunan KCIC ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan.

Imam juga mengatakan, kedepan Komisi IV akan mengecek Amdal dari Proyek KCJB, serta mengawasi pembangunan stasiun-stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Senada dengan Ineu, Imam juga berharap, kedepannya pihak Proyek Jakarta Bandung dihimbau untuk terus bisa mencegah banjir serta harus memperhatikan aspek aspek yang bisa mencegah banjir. ( hms/sein).

Posting Komentar

0 Komentar