Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jangan Asal Larang Mudik, Sudah Siapkah Menanggung Konsekuensinya ?

Rabu, 01 April 2020 | 21:30 WIB Last Updated 2020-05-14T06:17:50Z
H.Daddy Rohanady
Wakil Ketua Fraksi Gerindra-Persatuan 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Serangan pandemi virus Covid-19 kini terus merebak kebeberapa wilayah di Indonesia termasuk juga di wilayah provinsi Jawa Barat. Untuk memutus mata rantai Covid-19, beberapa kepala daerah secara tegas meminta warganya yang merantau atau menjadi pekerja migran agar tidak mudik/ pulang kampung.

Wakil Ketua Fraksi Gerindra-Persatuan DPRD Jawa Barat, H. Daddy Rohanady mengatakan, "Boleh-boleh saja kita melarang orang mudik. Langkah itu memang pasti akan mengurangi makin meluasnya penyebaran Covid-19. Tetapi, jangan asal larang mudik, harus harus siap juga menanggung konsekuensinya.

Masyarakat memilih mudik pasti bukan tanpa alasan. Memang, pilihan yang diambil masing-masing pemudik akan berbeda. Pertanyaannya bukan patuh atau tidak patuh pada larangan yang dikeluarkan pemerintah, tetapi kesiapan bertahan hidup.

" Jadi, tidak bisa asal larang," tegas Daddy Rohanady ketika dimintai komentarnya terkait soal larangan mudik ketika dihubungi via telefon genggamnya pada Senin (30/03/2020).

Dikatakannya, setiap pilihan yang diambil pasti punya konsekwensi logis. Kalau seseorang bertahan (tidak mudik), bisa jadi karena dia sudah menghitung biaya hidup selama diberlakukannya karantina wilayah atau katakanlah /lockdown lokal atau total.

Kalau bekal itu tidak dimiliki, masa iya sih kita akan memilih diam dan menunggu ajal menjemput ?.. Mana tahan manusia puasa 14 hari?, Ini bukan zamannya manusia sakti mandraguna seperti zaman dahulu kala," lanjut Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra itu.

"Pilihan bertahan atau mudik," lanjut Daddy, "sangat tergantung pada daya dukung yang dimiliki masing-masing orang. Jika dia merasa aman bertahan, tidak mudik, saya yakin dia akan bertahan. Jika tidak, mungkin dia merasa lebih /save/ tinggal di kampung halaman bersama keluarga besarnya sampai wabah Covid-19 mereda."

Di sisi lain, pemerintah dan hampir semua kepala daerah sudah secara terbuka meminta agar menjelang lebaran tahun ini masyarakat tidak mudik. Hampir di semua daerah, mereka yang mudik akan diperlakukan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) setiba di kampung halaman. Bahkan, bisa jadi mereka akan langsung dikarantina selama 14 hari jika ada indikasi sedang/berat terpapar wabah yang berasal dari Wuhan-China tersebut.

"Boleh-boleh saja kita melarang orang mudik. Langkah itu memang pasti akan mengurangi makin meluasnya penyebaran Covid-19.

Tapi jangan lupa, kalau itu mau diberlakukan, siapkan dulu sembako untuk perbekalan selama diberlakukannya karantina wilayah. Kita juga harus menyiapkan hal-hal lain untuk kebutuhan mereka yang pendapatannya langsung terpukul, padahal 'napasnya' harian. Siapkah kita menanggulangi hal itu?" tanya dewan asal dapil Cirebon-Indramayu tersebut.

"Jika hanya melarang mudik tetapi tidak siap menanggung konsekuensinya, kita harus bersiap-siap menghadapi gelombang protes. Silakan saja pemerintah pusat/daerah memberlakukan Undang-Undang No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Ini bisa jadi darurat sipil. Tapi ingat, negara harus mengurus kehidupan rakyatnya. Kita semua tahu bahwa, siapa pun rela mati demi keluarganya yang kelaparan," pungkas Daddy. (rls/sein).
×
Berita Terbaru Update