Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akan Dijadikan Kawasan Eduwisata, Dansektor 21 Tinjau Oxbow Sungai Citarik Solokanjeruk

Jumat, 14 Agustus 2020 | 11:27 WIB Last Updated 2020-08-28T15:14:24Z
SOLOKANJERUK, faktabandungraya.com,--- Dansektor 21 Satgas Citarum
Kol Inf Yusep Sudrajat sambangi kampung Patrol, desa Padamukti, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Kamis (13/8/2020).

Kunjungan bersama pejabat BBWS Yayat Yuliana dan perwakilan Kanwil DJKN Jawa Barat Djoko, guna meninjau lokasi Oxbow yang akan dibenahi menjadi sarana publik, bagian dari rencana Kanwil DJKN Jawa Barat menjadikan bantaran sungai sepanjang 2,3 KM di Kecamatan Solokanjeruk sebagai kawasan Eduwisata.

Usai meninjau lokasi Oxbow, Dansektor 21 menjelaskan bahwa Oxbow ini dibuat hampir 20 tahun yang lalu, tidak terkelola dengan baik.

"Bekas oxbow itu sekarang penuh dengan timbunan sampah sampah, dan sebagian oxbow sudah digunakan oleh warga untuk mendirikan bangunan secara liar," ungkapnya.

Dengan adanya program citarum harum ini, kata Kolonel Yusep, Oxbow tersebut akan kita kembalikan ke fungsi semula. "Sebagai (kolam) retensi air. Karena setiap kali musim hujan desa ini banjir, karena tidak tersambung lagi ke aliran sungai," katanya.

Selain berfungsi sebagai retensi air, normalisasi oxbow yang memiliki panjang sekitar 1 KM dengan lebar 12 Meter, nantinya akan dijadikan sarana edukasi masyarakat. Bisa menjadi danau buatan, taman taman, kolam ikan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Udah ada programnya (dari DJKN Jabar), kita akan turunkan alat berat dalam waktu dekat untuk menormalisasi (keruk) oxbow. Sementara untuk masyarakat yang sudah menggunakan (lahan) oxbow tanpa ijin di tanah milik negara, secara persuasif kita akan datangi, mudah mudahan semua bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Sementara, R. Yayat Yuliana mengungkapkan bahwa pemilihan normalisasi oxbow di wilayah desa Padamukti Kecamatan Solokanjeruk merupakan salahsatu contoh bottom up.

"Disini kebetulan karena ini bottom up dari masyarakat yang peduli lingkungan. Inilah justru yang diinginkan kita, karena mereka akan merasa memiliki yang besar, untuk itulah kita akan bantu," ungkapnya. (cuya)
×
Berita Terbaru Update