Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Kodam III Siliwangi, Citarum Harum Tahun 2021 Prioritaskan Peningkatan Nilai Ekonomi Bagi Masyarakat


PADALARANG, faktabandungraya.com,--- Menjelang Tahun ke-4 Program Citarum Harum Tahun 2021, Kodam III Siliwangi akan mulai memprioritaskan peningkatan keterlibatan masyarakat dan meningkatkan potensi yang bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Asisten Territorial (Aster) Kodam III/Siliwangi Kolonel Inf Puguh Suwito S.I.P seusai melaksanakan Rapat Evaluasi Program dan Bimbingan Teknis Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, Senin (14/12/2020).

Pihak Kodam III menyadari, keberadaan Satgas Citarum dari unsur TNI sesuai rencana akan berakhir di Tahun 2024 (Target Program Citarum Harum selama 7 Tahun), itu artinya pada Tahun 2025 program Citarum Harum akan dilanjutkan dengan program lain.

"Prioritas masih sama, hanya penambahan yang kaitannya dengan manfaat buat masyarakat. Kedepan mau tidak mau Tahun 2025 kan ada link up, artinya program Citarum ini kan tidak dilepas (begitu saja), nantinya pemerintah daerah melalui ujung tombaknya yaitu pemerintah Desa, mereka yang nantinya akan menjaga," ujar Kolonel Puguh.

Dirinya memberikan satu contoh, saat ini para Dansektor melakukan kegiatan dengan membangun Demplot, Taman, dan sarana sarana lainya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama warga yang tinggal di sekitar bantaran.

"Itu kan nantinya warga dan pemerintahan setempat harus menjaganya. Mudah mudahan apa yang TNI atau Sagas Citarum lakukan hasilnya bisa dimanfaatkan sebaik baiknya  oleh masyarakat luas," harap Aster Kodam III/Siliwangi.

Berkenaan dengan pelaksanaan Rapat Evaluasi kali ini, Aster Dam III/Siliwangi menerangkan pada intinya membahas Rencana kegiatan di Tahun 2021, ada beberapa lini hanya melanjutkan. "Kalau memang di Tahun 2020 ini belum selesai progresnya, nanti bisa dilanjutkan di Tahun 2021, karena dari Satgas ini kan limpahan anggaranya dari BBWS, dan kita terima melaksanakannya," jelas Aster.

Satgas di lapangan melalui Satgas Citarum melanjutkan sesuai Sektor masing masing. Kerena setiap Sektor berbeda beda, "namun yang jelas Citarum tetap kita kerjakan sesuai dengan tugas pokok kita," tambahnya.

Menurutnya, program Citarum Harum menginjak Tahun ke-4, saat ini sudah sekitar 50 persen bahkan 60 persen progres Pelaksanaan program Citarum Harum, artinya sudah ada perubahan yang signifikan."Kalau nanti ada penambahan kita larikan ke alat berat supaya mempercepat normalisasi di DAS Citarum, sehingga program ini berjalan sesuai dengan apa yang kita semua harapkan," kata Aster Dam III/Siliwangi. (Cuy) 

Posting Komentar

0 Komentar