Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Memo Hermawan : Membangun Nilai Kebangsaan dan Konstitusi Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:14 WIB Last Updated 2020-12-01T07:14:05Z

Ketua Fraksi DPIPerjuangan DPRD Jabar Drs.H.Memo Hermawan sosialisasikan
 Empat pilar Kebangsaan di Kabupaten Garut ( Foto;istimewah)

GARUT, Faktabandungraya.com,---  Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat, Drs.H.Memo Hermawan dari Daerah Pemilihan Jabar 14 : Kabupaten Garut melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Fave Hotel Garut.

Memo Hermawan, menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan ini yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kabupaten Gaurt khususnya kaum milenial.

Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), ujar Memo dihadapan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Fave Hotel Garut, Selasa (1-12/2020).

Dikatakan, beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang . Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.

Yang cukup memprihatinkan, alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat.

Peserta Empat Pilar Kebangsaan (foto:istimewah)
Secara harfiah, sebelum mengimplementasikan, harus mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, sosialisasi 4 pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, ujar Memo Hermawan yang duduk di Komisi IV DPRD Jabar ini.

Memo juga mengatakan, bahwa  kegiatan sosialisasi  Empat Pilar Kebangsaan, sudah cukup lama dilaksanakan oleh seluruh anggota DPR RI dan MPR RI termasuk juga DPD.  Namun, bagi DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota baru sekarang dilaksanakan. Untuk itu, Memo mengajak semua elemen masyarakat khususnya Garut untuk memahami dan mewujudkan tegaknya 4 pilar kebangsaan ini.

"Menjadi kewajiban kami untuk turut serta dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini  kepada  semua lapisan masyarakat, agar semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi tetap terjaga dan terwariskan  bagi masyarakat Kabupaten Gaurt khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya. Tandasnya. (adikarya parlemen/husein).

×
Berita Terbaru Update