Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pendam V/Brawijaya : Berita Kasdim 0817/Gresik Meninggal Karena Vaksin Covid-19 “ HOAX”

Senin, 18 Januari 2021 | 16:33 WIB Last Updated 2021-01-18T09:33:28Z

Mayor Inf Sugeng Riyadi, Foto ini diambil pada hasri Senin ( 18 Januari 2021), 
dalam keadaan sehat   ( foto : Pendam V/Brawijaya) 

SURABAYA, Faktabandungraya.com,---  Beredarnya foto di media sosial,  anggota TNI yang disebut-sebut sebagai Kasdim Gresik 0817 Mayor Inf Sugeng Riyadi, disertai keterangan bahwa yang bersangkutan meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac, adalah berita Hoax.

Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi, S.Ip., di Surabaya, membantah beredarnya foto yang disertai keterangan bahwa Kasdim Gresik 0817 Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal dunia usaidisuntik vaksin.

“ Berita itu tidak benar alias HOAX, untuk itu harus segera diluruskan agar  tidak menimbulkan penyesatan opini dikalangan masyarakat terkait program Pemerintah berupa Vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan saat ini”, tegas Kapendam V/Brawijaya, Senin,(18/01-2021).

Ditegaskannya,  hingga saat ini, Kasdim 0817/Gersik dalam keadaan sehat walafiat. Jadi, tidak benar berita yang mengatakan bahwa ia meninggal setelah disuntik Vaksin Sinovac.

Imam Haryadi menambahkan, bahwa  berita Hoax yang beredar di media sosial tersebut, tidak sesuai dengan data dan fakta yang sebenarnya terjadi.

Sesungguhnya anggota TNI yang dilingkari dalam foto yang beredar, adalah foto almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono Danramil Kebomas Kodim 0817/Gersik. Almarhum Gatot meninggal dunia pada hari Jum'at tanggal 15 Januari 2021 pukul 23.06 akibat serangan jantung, jelas Kapendam V / Brawijaya.

Perlu diketahui bahwa alm. Gatot Supriyono belum pernah divaksinasi Covid-19 dengan Merk Sinovac sebelumnya. Almarhum juga pernah melaksanakan test Rapi Antigen di Poskes Gersik pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2021, dan hasilnya Non Reaktif. Adapun foto yang beredar diambil dari dokumentasi tanggal 10 Januari 2021, saat yang bersangkutan mendampingi  Danrem 084/BJ beserta keluarga melaksanakan ziarah   ke Makam Sunan Giri di Gresik.

Sementara itu ditanggal yang sama, Kasdim Gresik atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi menerima Vaksinasi Covid-19 dengan Merk Sinovac di RSUD Ibnu Sina Gresik menggantikan Dandim 0817/Gresik (Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol) dikarenakan pada saat screening, tensi Dandim tinggi. Hingga berita ini diturunkan, kondisi Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat.

Pemberitaan yang menyatakan bahwa Kasdim Gresik meninggal dunia usai di Vaksin Sinovac adalah berita tidak berdasarkan kebenaran.

Sehingga masyarakat diharapkan tidak terpengaruh berita tersebut, serta yakin bahwa Vaksin Covid-19 Merk Sinovac telah aman dan manjur untuk mengatasi Pandemi Covid-19  di Indonesia saat ini," pungkasnya (Pendam V/Brw - Pendam III/Slw/red).

×
Berita Terbaru Update