Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Urai Kemacetan, Menunggu Diresmikan Dua Fly Over Kota Bandung Sudah Dioperasionalkan

Fly over jalan Jakarta-Supratman Bandung ( foto :istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Dua flyover ( Jalan Layang) yang dibangun oleh  Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat di kota Bandung sudah dioperasionalkan sejak 20 Desember 2020 lalu. Walaupun belum diresmikan.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah III Bandung Dinas BMPR Jabar, Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah III Dinas BMPR Jawa Barat, Ruhiyat, ST, MT  mengatakan, dua flyover  yaitu fly over jalan Jakarta-Supratman dan fly over jalan Laswi-Pelajar Pejuangan  di Kota Bandung sudah selesai 100 persen, dan bahkan sudah dioperasional sejak 20 Desember 2020 lalu.

Kedua Flyover tersebut, walaupun sampai kini belum diresmikan, namun sudah diopreasionalkan dan dipergunakan oleh masyarakat Bandung, sehingga sudah dapat mengatasi kemacetan yang terjadi setiap hari di perempatan wilayah tersebut.

“Alhamdulillah sejak dioperasionalkannya Fly over Jalan jakarta-Supratman dan Fly over Jalan Laswi-Pelajar Pejuang, kini masyarakat Bandung tidak lagi bermacet ria saat melintasi di dua perempatan tersebut, kini lancar”, kata Kepala UPTD PJJ Wilyah III Bandung Ruhiyat saat ditelp faktabandungraya.com, Senin ( 11/01-2021).

Dikatakan, tujuan utama pembangunan di fly over jalan Laswi dan Jakarta-Bandung, karena di dua jalan tersebut tingkat kemacetannya cukup tinggi setiap harinya, bahkan dapat dikatakan merupakan salah satu simpul kemacetan kota Bandung.  Hal ini karena pada kedua jalan tersebut,  ada persimpangan dan dengan volume kendaraan yang padat, untuk itu dengan telah selesainya pembangunan dan dioperasionalkannya kedua fly over tersebut,  tidak lagi terjadi kemacetan alias lancar.

Ruhiyat menambahkan, fly over jalan Jakarta-Supratman sepanjang 500 meter dengan lebar 9 meter dikerjakan oleh PT.Amber Hasya,  sedangkan Jalan Laswi-Pelajar Pejuang panjangnya 520 meter dengan lebar 9 meter dikerjakan oleh PT. Sarana Seja Ibadah KSO PT. Gurky Putera Mandiri.

Fly Over jalan Laswi-Pelajar Pejuang Bandung ( foto :istimewa)
Kedua fly over tersebut dapat diselesaikan  oleh kontraktor lebih cepat dari batas kontrak kerja, sehingga pada tanggal 20 Desember 2020 lalu sudah dapat dipergunakan oleh masyarakat, ujarnya.

Saat ditanya kapan kira-kira akan diresmikannya kedua fly over tersebut ?..  Menurut Ruhiyat, belum bisa dipastikan dan bahkan belum dijadwalkan waktunya.  Namun, kita  (UPTD PJJ wilyah III Bandung-red) sebagai penanggungjawab pembangunan di kedua fly over tersebut, pada prinsipnya siap saja.  Kapanpun akan diresmikan, tandasnya. (husein).

Posting Komentar

0 Komentar