Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hj.Iis Turniasih : Musim Hujan, Banyak Jaringan Irigasi di Jabar “Rusak”

Rabu, 24 Februari 2021 | 10:21 WIB Last Updated 2021-02-24T03:21:43Z

Hj.Iis Turniasih ( Anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi PDIP)
 ( foto:istimewa)
TASIKMALAYA, Faktabandungraya.com,—  Selama musim penghujan di tahun, cukup banyak Jaringan Irigasi di Jawa Barat mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan, sedang dan bahkan rusak berat.  Hal ini juga terjadi Unit Pelaksana Teknis Daerah  Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (UPTD DPSDA WS) Citanduy di Tasikmlaya.

Melihat tingkat kerusakan Jaringan Irigasi di Jabar terutama di UPTD DPSDA WS Citanduy Tasikmlayann, Komisi IV DPRD Jabar minta kepada Pemprov Jabar melalui Dinas Sumber Daya Air (DSDA) untuk fokus pada program Irigasi tuntas dan drainase. 

Hal ini disampaikan Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Jabar saat kunker ke kantor UPTD  Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (UPTD DPSDA WS) Citanduy di Tasikmalaya, dalam rangka evaluasi Program Kerja UPTD PSDA Wilayah Sungai Citanduy, Tahun 2020 dan Rencana Kerja Tahun 2021, Tasikmalaya.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hj. Iis Turniasih, dalam raker dengan pihak UPTD DPSDA WS Citanduy, kemarin, diungkapkan bahwa beberapa jaringan  irigasi diwilayah  UPTD DPSDA WS Citanduy dalam kondisi rusak, baik rusak ringan, sedang hingga berat.  Hal ini disebabkan oleh derasnya aliran air hujan.

“Nah, kerusakan jaringan irigasi ini tentunya tidak boleh dibiarkan berlama-lama, harus segara ditangani. Karena akan berdampak terhadap kepentingan para petani dalam  mengelola lahan pertanian. Dan juga kalau persawahan terjadi kekuarangan air saat musim tanam tentunya akan berdampak terhadap hasil produksi pertanian”.

Demikian dikatakan, Hj.Iis Turniasih saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (23/02-2021), terkait hasil kunjungan kerja Komisi IV DPRD Jabar  ke UPTD DPSDA WS Citanduy di Tasikmalaya.

Dalam raker tersebut, Komisi IV mendorong agar pemerintah provinsi melalui Dinas SDA Jabar  untuk dapat melakukan perbaikan semua jaringan irigasi.  Bahkan kita juga minta agar fokus tentang irigasi tuntas.

Komisi IV DPRD Jabar foto bersama dgn UPTD PSDA WS Citanduy ( foto:istimewa)


Komisi IV DPRD Jabar  sudah  mendukung program irigasi tuntas atau perbaikan irigasi, pada tahun anggaran 2021 ini telah dialokasikan anggaran sebesar Rp. 15 M. Dengan anggaran sebesar Rp.15 m tersebut, seharusnya persoalan irigasi selesai, ujar Politisi Senior PDIP Jabar ini.

Lebih lanjut, Iis Turniasih  dari angota Fraksi PDIP DPRD Jabar ini mengatakan, selain membahas masalah jaringan irigasi, dalam pertemuan tersebut juga membahas tentang status gedung UPTD DPSDA, yang ternyata masih ada yang mengontrak. Bukan milik aset pemprov Jabar.  Sehingga akan berdampak terhadap kinerja kalangan pegawai di lingkungan UPTD DPSDA.

Kita juga mendorong agar  pagu anggaran untuk PSDA dalam hal ini agar TAPD lebih memprioritaskan untuk pembangunan pengelolaan drainase.

Namun, agar lebih komprehensif masing-masing KCD/UPTD harus terus berkoordinasi dengan Bappeda dan TAPD agar ada pembahasan lebih lanjut. Hal ini penting, agar anggarannya lebih efisien untuk pengelolaan drainase dan perbaikan irigasi,” tandasnya. (adikarya/husein ).

×
Berita Terbaru Update