Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Peduli Banjir Karawang, Anggota DPRD Jabar Hj.Iis Turniasih Berikan Bantuan Logistik

Kamis, 25 Februari 2021 | 11:45 WIB Last Updated 2021-02-25T04:45:34Z

Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDIP , Hj Iis Turniasih memberikan bantuan kepada korban banjir  
di kabupaten KArawang ( foto:istimewa).

KARAWANG, Faktabandungraya.com,--- Wilayah Kabupaten Karawang kini sedang dilanda banjir bandang yang luar biasa. Banjir sudah melanda 33 desa yang tersebar di 15 kecamatan di-Kabupaten Karawang.

Berdasarkan dari BPBD Karawang, sudah hampir 15 ribu rumah, fasilitas umum, masjid, sekolah dan perkantoran dan juga rumah sakit juga turut terendam.

Sebagai bentuk kepedulian dan rasa priharin terhadap warga karawang yang rumahnya terendam banjir,  Wakil Rakyat Jawa Barat Hj. Iis Turniasih dari Fraksi PDIP memberikan / menyerahkan bantuan sembako/ logistik kepada korban bencana banjir di Kabuapten Karawang. 

“Kegiatan penyaluran bantuan korban bencana ini merupakan bentuk kepedulian saya selaku wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Jabar X Kabupaten Purwakarta-Karawang,”ujar anggota DPRD Jabar dari Komisi IV ini.

Bantuan logistik ini merupakan biaya pribadi anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar dan akan didistribusikan kepada korban yang terkena bencana banjir.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar ini juga mengungkapkan rasa keprihatinannya atas sejumlah musibah yang terjadi di Karawang.

“Kami merasa prihatin dengan sejumlah bencana di Jawa Barat salah satunya Karawang,” ujar Iis.

Diakatakan, Hj.Iis Turniasih, banjir tahun ini lebih meluas dari tahun –tahun sebelumnya, banjir juga masuk ke wilayah Kota Karawang.   Hal ini disebabkan tingginya intensitas hujan, meluapnya beberapa sungai /kali yang ada di wilayah Kabupaten Karawang, seperti melaupnya Sungai  Citarum, Cibeet, Cikaranggelam, Cikaretetg dan Sungai Cimalaya. 

Untuk itu, dalam mengatasi banjir di Karawang harus bersinergi bersama, antara pemerintah, TNI-Polri, Relawan dan masyarakat, terutama dalam melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam ketempat yang lebih aman dari banjir atau ke posko penampungan bancana sementara.

Lebih lanjut politisi perempuan PDIP Jabar ini mengatakan, disamping meluapnya sungai sungai, tentunya tidak terlepas dari kerusakan lingkungan disekitar Gunung Sanggabuana yang semakin gundul . Sehingga bila hujan turun cukup lebat, air hujan tidak terserap kedalam tanah karena pohon –pohon dikaki gunung sudah gundul.

Selain itu, tentunya tidak terlapas dari ulah masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga aliran air tersumbat. Ditambah lagi, banyaknya bangunan liar berdiri di bantaran sungai, ujarnya.

Adapun terkait beberapa wilayah Kabupaten Karawang yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan, Iis membenarkan, bahwa Karawang itu memang daerah banjir, salah satunya disebabkan oleh sodetan Sungai Cibeet yang luar biasa berdampak ke masalah lingkungan.

Selain itu, diperlukan juga memberikan edukasi kepada masyarakat, agar tidak terus-terusan merusak lingkungan dan hutan. Membersihkan saluran pembuangan air dari sumbatan sampah-sampah. Serta melakukan pengerukan sedimentasi sungai dan membebaskan rumah-rumah/ bangunan yang berdiri di disepanjang bantaran sungai, tandasnya. (adikaraya/ husein).

×
Berita Terbaru Update