Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hasbullah : Situ Rawa Kalong-Depok Direvitalisasi Jadi Objek Wisata Air

Selasa, 22 Juni 2021 | 15:01 WIB Last Updated 2021-06-22T17:03:32Z

Anggota Komisi IV DPRD Jabar M.Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum (foto:istimewa)



DEPOK, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat M Hasbullah Rahmat membenarkan bahwa dalam APBD Jabar  2021, sudah dianggarkan sebesar Rp 20,5 miliar untuk revitalisasi dan penataan Situ Rawa Kalong yang terletak di Kota Depok tersebut.

Kota Depok sebagai etalase Jawa Barat , disini ada perguruan tinggi Universitas Indonesia (UI), ada Masjid Kubah Emas, sekarang Pemprov Jabar akan membangun tempat wisata di Situ Rawa Kalon, ujar Hasbullah saat dihubungi Faktabandungraya.com, Selasa (22/6-2021).

Kita harapkan, Situ Rawa Kalong selasai di revitalisasi dan dilakukan penataan dapat menjadi salah satu disnati wisata baik masyarakat kota Depok maupun masyarakat dari kota Depok.  Namun, yang lebih penting, tujuan dilakukan revitalisasi Situ Rawa Kalong tersebut, untuk dapat menenuhi kebutuhan akan air bagi pertanian (Jaringan Irigasi Pertanian). Bahkan dapat juga sebagi kebutuhan rumah tangga.

Beberapa puluh tahun kebelakang, Situ Rawa Kalong airnya cukup bening dan menjadi sumber  kehidupan bagi masyarakat kota Depok, terutama yang tinggal disekitar Situ Rawa Kalong.  Namun, berhubung kurang terurus dan dijadikan tempat usaha ternak ikan (jaramba terapung), akhirnya, air Situ Rawa Kalong menjadi keruh dan sedikit bau. Sehingga, masyarakat hanya memanfaatkan air dari Situ Rawa Kalong hanya untuk kebutuhan pertanian semata.

Adapun terkait kucuran dana dari APBD Jabar 2021 sebesar 20,5 Miliar untuk merevitaliasi dan menata kawasan Situ Rawa Kalong, sebenarnya sudah pernah dianggarankan dalam APBD Jabar tahun 2020 kemarin sebesar Rp.32 miliar.

Namun, anggarannya dilakukan refocusing / realokasi untuk kebutuhan penanganan covid-19 di Jabar, sehingga dari Rp.32 M menjadi Rp.4,5 Miliar. Nah, pada APBD Jabar 2021 ini, kita anggarkan lagi sebesar Rp.20,5 miliar.

“Kita berharap, semoga Pemerintah Jabar tidak lagi menurunkan/ memotong anggaran untuk revitalisasi dan penataan Situ Rawa Kalong”, ujar legislator Jabar dari Fraksi PAN ini.

Lebih lanjut, Hasbullah mengatakan, keberadaan Situ Rawa Kalong sebenarnya dapat mengaliri air ke persawahan seluas 2100 hektar, Namun, berhubung jaringan irigasi yang dimulai dari Situ Rawa Kalong  menuju ke persawahan banyak dalam kondisi rusak (Rusak Ringan, Sedang dan Berat), sehingga banyak keluhan disampaikan oleh masyarakat petani ke kita (DPRD Jabar).

Untuk itu, DPRD Jabar bersama pemprov Jabar  melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA), berupaya membenahi/ merevitalisasi dan penataan Situ Rawa Kalong termasuk juga jaringan irigasinya.    

"Kami terharap sesungguhnya masing - masing UPTD memberikan satu Daerah Irigasi tuntas untuk merealisasikan Jabar sebagai lumbung padi nasional , kalau itu terwujud maka Jawa Barat sebagai daerah pertama dengan jumlah penduduk 20% lebih dari penduduk Indonesia yang bisa berkontribusi kepada pembangunan secara nasional, tandasnya. (adikarya/husein).

×
Berita Terbaru Update