Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Jabar Percepat Vaksinasi Covid-19, Hasbullah : Ya Sudah Seharusnya

M.Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum (anggota DPRD Jabar ari Fraksi PAN), (foto:husein)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Anggota DPRD Jawa Barat M.Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum mendukung langkah Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19. Hal ini, mengingat masyarakat Jabar yang belum mendapatkan vaksinasi masih sangat banyak.

Berdasarkan data dari Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar per tanggal 16 Juni 2021, masyarakat Jabar yang  sudah divaksin covid-19 dosis pertama sebanyak 2.562.612 orang. Adapun untuk dosis kedua sebanyak 1.736.244 orang.

Sedangkan rata-rata penyuntikan vaksin COVID-19 di Jabar saat ini sekitar 36.000-50.000 per hari. Satgas Penanganan COVID-19 Jabar pun menargetkan rata-rata penyuntikan vaksin COVID-19 mencapai 175.000 per hari pada Juli-Desember 2021.

Untuk itu, menurut Hasbullah, percepatan Vaksinasi ini sangat penting dalam memberikan kekebalan komunal atau herd immunity bagi warga Jabar. Hal ini, karena tingkat kasus covid-19 di Jabar meningkat cukup signifikan pascalibur lebaran. Bahkan diberapa daerah, tingkat keterisian tempat tidur  di hampir setiap rumah sakit sudah penuh.

Kasus covid-19 untuk wilayah Bodetabek dan Bandung Raya kini kembali masuk Zona Merah, seiring  dengan meningkatnya kasus covid-19. maka pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan dengan kembali menerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro, ujar HAsbullah saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (22/6-2021).

Selain itu, untuk mengantisipasi tren meningkatnya kasus Covid-19, maka sudah seharusnya dilakukan percepatan vaksinasi massal yang bertujuan untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity di Kota Bekasi dan Kota Bandung.

Beberapa hari lalu sudah dilakukan vaksinasi massal Covid-19 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, , Bahkan di kota Bandung juga kemarin telah dilakukan vaksinasi masala di Sport Center Jabar Arcamanik-Bandung. Dipilihnya stadion sebagai olahraga sebagai tempat vaksinasi massal agar cakupan vaksinasi covid-19 lebih luas yang dapat menampung jumlah calon vaksinasi lebih banyak, ujar Legislator Jabar dari Partai Amanat Nasional ini.

Lebih lanjut Hasbullah dari Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok ini mengatakan, untuk dapat memenuhi target vaksinasi sekitar 500 hingga 1.000 orang per-hari, memang perlu dibuatkan sentra vaksinasi.  Hal ini  Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor: SR.02.06/II/1599/2021.

Dalam SE Kemenkes tersebut, Salah satu poin dalam SE tersebut yakni pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 pada seluruh penduduk usia 18 tahun ke atas pada wilayah Bogor, Depok, Tangerang Raya, Bekasi (Bodetabek) termasuk Bandung Raya dengan tetap memprioritaskan pemberian vaksinasi pada tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasyankes, lansia, petugas pelayan publik dan kelompok masyarakat rentan.

Namun, Hasbullah mengingatkan kepada petugas penanganan covid-19 khusus Tim penyelenggara vaksinasi covid-19, agar dalam penjalankan vaksinasi tidak menimbulkan kerumunan, sehingga dapat berjalan lancar dan aman. Hal ini, mengingat tingkat antusiasme warga Jabar terhadap vaksinasi ini cukup baik.

Saya selaku anggota DPRD Jabar mengapresiasi kerjasama/ kolaborasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota di jabar dengan Polda Jabar, Polda Metro Jaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam Jaya, BPDB, Satpol , dalam mensukseskan vaksinasi covid-19 di Jabar.

“ Kalau tidak kolaborasi, tidak cepat dan target vaksinasi tidak akan tercapai”, tandasnya. (adikarya/husein).