Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Daddy R : Ingin Majukan Desa, Kades Kalirahayu-Losari Butuh Bantuan Pembangunan

Anggota DPRD Jabar, Drs.H.Daddy Rohanady menyerahkan bantuan kepada Kades Kalirahayu usai melaksanakan Reses III di Desa Kalirahyu Kec. Losari Kab Cirebon ( foto: daro)

CIREBON, Faktabandungraya.com,---  Desa Kalirahayu yang merupakan bagian wilayah Kecamatan Losari Kebupaten Cirebon,  bila dilihat dari kondisi fisik pembangunan dan tingkat kesejahteraan warganya, dapat dikatakan masih jauh dari kata Desa maju. Untuk, Desa Kalirahayu sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak demi kemajuan Desa Kalirahayu.

Anggota DPRD Jawa Barat Drs.H.Daddy Rohanady membenarkan kondisi fisik pembangunan dan tingkat kesejahteraan warga Desa Kalirahayu memang sangat membutuhkan bantuan dari semua pihak. Baik itu berupa kebutuhan air bersih, infrastruktur jalan desa maupun jaringan irigasi.

Kondisi Desa Kalirahayu dikatehui Wakil Rakyat dari Dapil Cirebon-Indramayu ini, disampaikan langsung oleh Kepala Desa/ Kuwu Kalirahayu ketika dirinya melaksanakan kegiatan Reses III tahun siding 2020-2021 di Desa Kalirahayu Kec. Losari Kab Cirebon.

"Mereka nyata membutuhkan bantuan. Misalnya, ketersediaan air bersih. Itu mereka butuhkan untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk mandi maupun minum. Air merupakan kebutuhan pokok," ujar Wakil Ketua Fraksi Gerindra itu.

Sebagai Wakil Rakyat, tentunya kita sangat memaklumi bahwa  setiap desa pasti membutuhkan bantuan untuk kemajuan  desa dan mensejahterakan warganya.  Hal ini, merupakan amanat Undang-Undang Dasar 1945 tidak hanya jadi pedoman, tetapi direalisasikan.

Selain itu, masih menurut Daddy, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Kuwu Kalirahayu, misalnya masih banyaknya jalan yang membutuhkan bantuan perbaikan. Hal ini antara lain dikarenakan sebagian dana desa digunakan untuk penanganan pandemi covid-19. Misalnya saja jalan  penghubung Kalirahayu-Ambulu sepanjang 2,5 km lebar 3,5 meter.

Sementara dana desa bantuan dari Pemprov Jabar ternyata juga belum cair. Jadi, yang biasanya bisa ditutup, sekarang terpaksa memakai dana talangan. Semoga saja dana tersebut cepat cair. Kasihan Kuwu dan aparat desa," lanjut Daddy lagi.

Kuwu Kalirahayu juga menyampaikan kepada saya, bahwa masih ada masalah lain yang harus diselesaikan, yakni masalah tanggul jebol di desa sebelah tetapi masih di Kecamatan Losari. Tanggul di Sungai Cisanggarung jebol. Hal itu mengakibatkan terendamnya sebagian sawah milik masyarakat. Sudah barang tentu, sawah pun terkena dampaknya. Semoga saja hal itu cepat ditanggulangi BBWS Cisanggarung.

"Soal tanggul jebol juga sudah saya sampaikan ke Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jabar dan Kepala UPTD Dinas SDA Cimanuk-Cisanggarung untuk dikoordinasikan dengan BBWS. Jika ingin tuntas, memang dibutuhkan sinergitas banyak pihak, termasuk DPRD Kabupatan, DPRD, Provinsi, dan DPR RI," pungkas Daddy. ( daro/sein).