Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Obati Kerinduan Penggemar, CPP Rilis 600 Lagu Karya Chossy Pratama Melalui Music Digtal Stores


JAKARTA, Faktabandungraya.com,--- Mendengar nama Chossy Pratama, tentunya para pencinta musik tanah air sudah tidak asing lagi, karena memang Chossy Pratama merupakan salah satu musisi legendaris. Ada ratusan lagu hasil karyanya. Namun, ada sekitar 600 lagu lebih yang belum dirilis dan diproduksi.

Guna mengobati rasa kerinduan para penggemar Chossy Pratama ditanah air maka melalui CPP (Chossy Pratama Production) akan merilis dan memproduksi serta mendistribusikan lagu-lagu karya Chossy Pratama lewat musik digital stores.

Pada bulan September 2021 ini, ada 50 karya lagu Chossypratama yang akan dirilis di platform music digital tersebut.  

Kepiawaian Chossy Pratama dalam menciptakan lagu, sejak tahun 90-an hingga sekarang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya ditanah air.  Bahkan beberapa lagunya dipakai untuk pembuatan Sinetron, Film dan dunia hiburan tanah air. 

Sebagai informasih bahwa baru-baru ini, karya lagu Chossypratama jadi soundtrack Tersanjung The Movie, dan 1 Amin 2 Iman. Kedua film tersebut tayang di Netflix dan We TV.

Menurut Direktur CPP Rulli Aryanto,lagu-lagu karya Chossypratama dirilis di digital music stores untuk memenuhi kebutuhan pasar musik, dan lagu-lagu tersebut murni belum pernah dirilis di platform digital service provider tersebut, malah ada yang belum pernah dirilis sama sekalipun, dan dimanapun.

Jadi CPP hanya merasa bertanggung jawab untuk mengamankan copyright lagu-lagu tersebut sekaligus mendistribusikannya agar bisa dinikmati oleh para penggemarnya, dimanapun berada.

"Yang pasti, kita rilis master audionya, bukan bajakan seperti yang banyak digunakan orang untuk konten video, entah comot darimana," kata Rulli Aryanto, saat diwawancara Kamis, (02/09-2021), kemarin. 

Dikatakan, Rulli , industri musik saat ini berubah total, baik di bidang produksi maupun distribusi. Tapi pola dan stategi marketing serta promosinya masih sama saja, hanya perlu sedikit modifikasi saja sesuai media yang digunakan.

Menurut Saya bahwa  industri musik saat ini lebih dinamis dan semua orang punya kesempatan yang sama untuk maju dan mengenalkan karya mereka, karena dunia digital adalah dunia tanpa batas jarak dan waktu, ujarnya.

"Digital ini kan hanya perubahan bentuk dari fisik ke non fisik. Lebih simpel dan secara produksi untuk distribusi murah yang pasti. Soal strateginya saya yakin masing-masing orang punya strategi sendiri. Tapi kalau dari kacamata saya saat ini, artis dituntut kerja ekstra untuk mampu me-marketing diri dan karyanya. Label musik saat ini tidak berandil sebesar era kaset dan CD," ungkapnya. 

Rulli Aryanto juga mengatakan, lagu-lagu karya Chossypratama yang akan dirilis CPP tersebut ada yang dinyanyikan oleh Dewi Gita, Novia Kolopaking, Netta KD, Rachel Amanda, Maria Priccilla (Idol), Helena (Idol), Ozy Syahputra, Utha Likumahuwa, Renee, Retno Susanti, Ayu Giri Anjani, dan para penyanyi lainnya.

Kejutannya, CPP tidak hanya merilis lagu-lagu tersebut dalam bentuk stereo, tapi juga dalam format dolby atmos. Sound yang dihasilkan dolby atmos seperti suara saat kita menonton film di bioskop.

"Yang saya tahu di industri musik Indonesia, Om Chossypratama adalah yang pertama melakukan mixing dalam bentuk format Dolby Atmos di Studio Promidi - Jakarta. Makanya manajemen CPP sepakat lagu-lagu karya Om Chossypratama yang akan dirilis tersebut dalam format stereo dan dolby atmos. Bocorin aja ya, 2 lagu di antaranya, Sungguh dari Ozy Syahputra, dan Penari dari Dewi Gita," kata Rulli Aryanto.  

Keoptimisan CPP merilis lagu dalam format dolby atmos bukan tanpa alasan, mengingat masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cepat ikuti trend, termasuk audio. Rulli Aryanto yakin lagu berformat dolby atmos akan mudah diterima mereka. Apple Music, Amazon, Tidal, dan berbagai digital music platform lainnya sudah mulai mendistribusikan lagu berbentuk dolby atmos. Coldplay dan Billie Eilish adalah contoh grup dan penyanyi dunia yang sering merilis lagu-lagu mereka dalam format tersebut.

“Bagi teman-teman musisi, label, dan produser di seluruh Indonesia yang mau lagunya dijadikan dolby atmos, kami siap melayani, studio kita terbuka. CPP membuka diri buat teman-teman yang mau produksi atau ikut bergabung dengan CPP Management dengan menghubungi Youtube / Instagram Chossy Pratama Production, Facebook Neo Chossy Pratama, atau WhatsApp 0812 1977 9993," tandasnya Rulli. (M.Fadhli/red). 

Dongeng Cinta, salah satu lagu karya Chossypratama yang baru saja dirilis oleh penyanyi Tety Widiastuti ada di link berikut ini: https://youtu.be/fnXXRWRgu3I