Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Hasbullah : Bendungan Cipanas Dapat Mengairi Sawah, Atasi Banjir dan Hasilkan Listrik

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, H.M.Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum
(foto:dok.sein)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah pusat sejak tahun 2018 mulai membangun bendungan Cipanas I dan II di Kabupaten Sumedang. Bendungan Cipanas ini diharapkan dapat selesai dan beroperasional pada tahun 2023 mendatang.

Bendung Cipanas I dan II yang terletak di Kecamatan Cikedung menelan anggaran/ investasinya Rp 1.3 triliun itu dibiayai oleh Pemerintah Pusat melalui APBN.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jabar H.M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum mengatakan, pembangunan Bendungan Cipanas I dan II yang kini tengah dikerjakan, beberapa waktu lalu sempat jebol diterjang derasnya air Sungai Cipanas.

Komisi IV DPRD Jabar beberapa wakyu lalu mendapat laporan dari masyarakat, bahwa bendungan Cipanas yang berlokasi di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten  Indramayu yang sedang dalam pembangunan jebol diterjang derasnya air sungai Cipanas. Atas dasar laporan tersebut, Komisi IV melakukan peninjauan.

“ Kini tanggul yang jebol di Daerah Irigasi Cipanas sedang dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan anggaran sebesar Rp. 9 miliar dari APBN”, ujar Hasbullah saat dihubungi melqalui telepon seluluernya, Selasa (19/10/2021).

Dikatakan, dampak dari jebolnya tanggul tersebut, ada sekitar 1.000 Ha persawahan mengalami kebanjiran.  Namun, kini sedang diatasi, ujarnya.

Hasbullah yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar ini mengatakan, bilan Bendungan Cipanas selesai dibangun dapat mengaliri air sebanyak 850 meter kubik per detik dengan luas lahan yang  terairi diperkirakan 10.500 ha.

Bendungan itu akan mengurang banjir 475 m3/detik dan sebagai pasokan air baku bendungan itu 0,5 m3/detik.

Keberadaan bendungan selain dapat menampung air dan mengaliri air persahan, bendungan ini dapat hasilkan listrik sebesar 2,5 MW. Hal ini karena luas genangannya 1.315 ha dengan Daya tampung 250 juta m3.

Politisi PAN Jabar ini juga mengatakan, Bendungan Cipanas ini merupakan salah satu PSN (proyek strategis nasional), sehingga diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional. Dengan intensitas tanam yang meningkat, kesejahteraan petani diharapkan meningkat pula, tandasnya. (adikarya/husein).

Rombongan Komisi IV DPRD Jabar saat meninjau bendungan Cipanas -Kab Sumedang
yang sempat jebol diterjang air Sungai Cipanas ( foto: dok.istimewa).