Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Tol Cisumbawu Sebagai Urat Nadi BIJB Kertajati, Munkinkah Beroperasional 2022 ?

H.M.Hasbullah Rahmat, SPd, M.Hum ( anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi PAN)
( foto: dok istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang sudah dimulai tahun 2012 lalu atau hampir 10 tahun belum juga selesai. Lambatnya pembangunan Tol Cisumdawu, kendala utama sulitnya pembebasan lahan. 

Jalan tol Cisumdawu sebagai urat nadi bagi BJJB Kertajati, sudah sangat dinantikan bagi masyarakat Bandung Raya yang akan berpergian melalui Bandara BIJB Kertajati. Karena via Tol Cisumdawu dapat memangkas waktu tempuh hanya sekitar 1 jam saja.  Namun, hingga kini belum ada kepastian kapan Tol Cisumdawu dapat beropreasional.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, H.M. Hasbullah rahmat, S.Pd, M.Hum membenarkan bahwa jaln tol Cisumdawu sebagai urat nadi BIJB Kertajati terutama bagi masyarakat Bandung Raya, sudah sangat menanti beroperasionalnya Tol Cisumdawu. 

Lambatnya penyelesaian Tol Cisumdawu tidak terlapas dari susahnya pembebasan lahan yang terkena jalan tol Cisumdawu.  Namun, kini lahan tersebut sudah dibebaskan dan pihak Kementerian PUPR melalui Dirjen  Bina Marga kini tengah melaksanakan percepatan pembangunan Tol Cisumdawu, dan diperkirakan akhir tahun 2021 sudah dapat selesai. 

“ Jadi apakah mungkin pada awal tahun 2022, Tol Cisumdawu sudah dapat beroperasional ?..  Hal ini tentunya kita harapkan bersama. Kata Hasbullah saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Kamis (21/10/2021). 

Dikatakan beberapa waktu lalu, Komisi IV DPRD Jabar dan juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah meninjau tol Cisumdawu, bahkan Interchange Cileunyi  sudah beres, kini tengah dikebut pekerjaan Lereng Dusun Bojongtotor, pembuatan kembatan, overpass dan underpass

Kalau nanti Tol Cisumdawu sudah beroperasional tentunya sangat efektivitas menunjang operasional Bandara BIJB Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu Majakuning dan Kawasan Rebana Jawa Barat, ujar Hasbullah yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar ini.

Interchange Susun Cileunyi-CIsumdawu ( foto : dok istimewa)

Lebih lanjut Legislator Jabar dari Dapil Kota Depok-Kota Bekasi ini mengatakan, bahwa Tol Cipali yang menjadi salah satu akses menuju dan dari Bandara BIJB Kertajati sudah beres. Hal ini tentunya sangat menggembirakan. 

Jadi kita juga berharap sekali Tol Cisumdawu dapat beres di akhir tahun 2021, sehingga pada wal tahun 2022 dapat beroperasional, harap Hasbullah. (adikaraya/husein).