Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Agam Gumay Apresiasi BUMDesma Haurwangi Bersatu Dalam Menggerakkan Perekonomian Masyarakat

Pintu gerbang masuk kawasan wisata Haurwangi Kab.Cianjur (foto:dok istimewa)

CIANJUR, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H.Mirza Agam Gumay dari daerah pemilihan Jabar 4 (Kabupaten Cianjur) mengatakan,  Kecamatan Haurwangi Kabuapten Cianjur kini terus ditata untuk agar menjadi kawasan Pariwisata.

Di daerah Kecamatan Haurwangi, selain Destinasi wisata Rest Area, ada lima wisata Bahari sepanjang sungai Citarum. Lima Desa tersebut, diantaranya, Desa Haurwangi (Citarum), Desa Cihea (Bantar Caringin), Desa Kertasari (Sawelas), Desa Kertamukti, Desa Sukatani (Muhara).

Kini ke lima wisata bahari tersebut terus ditata dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Haurwangi Bersatu. Bahkan sejak dikelola oleh BUMDesma Haurwangi Bersatu berkolaborasi dengan para pelaku UMKM, kini kondisi destinasi wisata Haurwangi semakin menarik perhatian wisatawan.

Demikian dikatakan Agam—sapaan—Mirza Agam Gumay kepada faktabandungraya.com, Sabtu (20/11/2021).

Namun, berhubung masih dalam kondisi PPKM, maka Pemerintah Cianjur dan pihak BUMDesma Haurwangi Bersatu selaku pengelola objek wisata masih membatasi jumlah pengungjung wisatawan.  

Menurut Agam, sejak BUMDesma Haurwangi Bersatu dibentuk kini secara berangsur-angsur perekonomian masyarakat Haurwangi meningkat. Hal ini, tentunya tidak terlepas dari peran BUMDesma dalam membina masyarakat desa dengan mengelola destinasi wisata, toko pakaian, dan bidang usaha lain menjadi pelaku UMKM. 

Agam menambah, kita di Komisi I DPRD Jabar yang dialamnya membidangi tentang pemerintah, termasuk pemerintahan desa, akan terus mendorong agar perekonomian Jabar terus maju.  Untuk itu, salah satu solusi agar seluruh desa di Jabar maju yaitu dengan mendorong BUMDes.

“Keberadaan BUMDes harus mampu mendongkrak dan mengeliatkan ekonomi desa, sehingga daya beli masyarakat meningkat. Kalau BUMDes hebat, bakal mengangkat martabat masyarakat desa," kata Politisi Gerindra Jabar ini yang duduk di Komisi I DPRD Jabar ini. 

DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar akan terus mendorong kemajuan BUMDes dalam menggali potensi desa untuk dapat dikembangkan menjadi desa wisata. 

Hal ini telah dicontohkan oleh BUMDesma Haurwangi Bersatu yang menaungi lima desa yakni Desa Haurwangi, Cihea, Kertasari, Kertamukti, dan Sukatani yang berada di Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur. 

Pokland Cianjur salah satu objek wisata yang ada di kec. Hauewangi Kab Cianjur (foto:dok.istimewa)

"Majunya perekonomian desa penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat desa, sehingga menekan urbanisasi. Bila desa maju, masyarakat bisa tetap tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia," itu yang harapkan, ujar Agam.

Agam juga mengingatkan kepada masyarakat Haurwangi untuk terus menjaga kelestrian alam dan kebersihan lingkungan wisata dari sampah, terutama bagi para pedagang yang mencari nafkah dari di lokasi wisata. 

“ Lokasi dan jalu wisata harus bersih dan tertata rapih, agar para pengunjung nyaman dan betah berwisata di objek wisata Haurwangi”, pesannya. (adikarya/husein).