Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Meningkatkan PAD, Aset BUMD Jabar Harus Dikelola Dengan Baik

Anggota Komisi III DPRD Jabar H.Pepep Saeful Hidayat, S.Ikom
 dari Fraksi Gerindra -Persatuan  (foto:dok istimewa).

MAJALENGKA, Faktabandungraya.com,--  Komisi III DPRD Jawa Barat, H.Pepep Saeful Hidayat, S.Ikom menilai masih cukup banyak asset milik Pemprov Jabar yang pengelolaan dibawah BUMD Jabar yang belum dikelola dengan baik. Padahal setiap asset memiliki potensi untuk dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita ingin kedepan, seluruh asset milik Pemprov Jabar, baik yang dikelola langsung oleh BUMD Jabar, maupun yang sudah dikerjasamkan dengan pihak ketiga harus jelas dan harus dapat memberikan kontribusi terhadap PAD”, kata Pepep saat dihubungi melalui telp selulernya, Jum’at (19/11/2021).

Pepep mencontohkan, asset yang dikelola oleh BUMD PT. Jawista Jabar, terutama Gedung-gedung Bioskop yang tersebar dibeberapa kabupaten/kota di Jabar, kini sudah banyak tidak beroperasional, bahkan dalam kondisi yang cukup pemeperihatinkan.

Beberapa waktu lalu, kita ( Komisi III –red) melakukan pninjauan kebeberapa daerah terkait asset pemprov yang dibawah pengelolaan BUMD Jaswita Jabar. Bahkan hari ini, rekan2 dari Komisi III juga menlakukan peninjauan ke kota Cimahi.

Aset Jabar berupa gedung Bioskop di Kota Camahi, yang kini ditempat para pedang, ternayata juga dalam kondisi kurang baik, sehingga kontribusi terhadap PAD sangat menim. Hal ini, menjadi catatan bagi Komisi III dan  akan ditindak lanjuti dalam rapat dengan mitra kerja (BUMD) terkait.    

Untuk mengoptimalkan pendapatan aset milik BUMD yang dikelola oleh PT. Jawista Jabar, Komisi III meminta dan mendorong BUMD Jabar ( PT.Jawsita) untuk segera dapat mencarikan solusi terbaik, agar gedung-gedung terutama bekas Bioskop dapat dioptimalkan dan menghasilkan PAD, ujar Politisi PPP Jabar ini.

Pepep mengakui, berdasarkan data yang pernah disampaikan oleh BUMD PT.Jawista Jabar ke Komisi III, bahwa dalam mengoptimalkan asset, sudah ada sebagian dikerjasamkan dengan pihak ketiga. Namun, hasilnya masih jauh dari yang diharapkan. Untuk kita support agar seluruh asset milik pemprov Jabar yang dikerjasamakan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi PAD.

Pimpinan dan Anggota Komisi III DPRD Jabar saat meninjau gedung Bioskop di Kota Cimahi ( foto:hms)

Lebih lanjut Pepep yang juga Sekretaris DPW PPP Jabar ini mengatakan, evaluasi terhadap asset yang dikerjasamakan dengan ihak ketiga tersebut harus terus dilakukan, mengingat sistem bisnis yang terus berkembang, terlebih sekarang merupakan era digitalisasi dan teknologi yang semakin maju.

"Tentunya evaluasi seperti ini harus terus berjalan karena perkembangan bisnis dijaman sekarang sudah luar biasa booming.  Apalagi jaman sekarang banyak perkembangan teknologi yang sudah canggih," ujar Pepep.

Intinya, kita di Komsisi III DPRD Jabar akan terus memantau mengenai aset tersebut terlebih mengenai kerjasama dengan pihak ketiga yang dilakukan PT. Jaswita, karena perihal kerjasama tersebut harus jelas mengenai klausul kerjasamanya serta desain atau konsepnya, agar saling menguntungkan terlihat bagi pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tandasnya. (adikarya/husein).