Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Syamsul Bachri Sasar Kalangan Pelajar SMAN 1 Kroya

Selasa, 14 Desember 2021 | 22:13 WIB Last Updated 2021-12-14T15:13:30Z

Anggota DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari FPDIP mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepadakalangan pelajar SMAN 1 Kroya Kabupaten Indramayu (foto:istimewa).  

INDRAMAYU, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Indramayu, Selasa (14/12/2021).

Syamsul Bachri menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kabupaten Indramayu khususnya kalangan pelajar atau kaum milenial.

Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), kata Syamsul dihadapan  Guru dan siswa Kelas XII SMAN 1 Kroya-Indramayu.

Dikatakan, beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang . Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.

Yang cukup memprihatinkan kata Wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar XII (kab/kota Cirebon –Kab Indramayu) ini, alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat.

anggota DPRD Jabar H Syamsul Bachri dari FPDIP ( foto:istimewa)

Secara harfiah, sebelum mengimplementasikan, harus mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, sosialisasi 4 pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, ujar Syamsul Bachri yang duduk di Komisi II DPRD Jabar ini.

Lebih lanjut politisi PDIP Jabar ini mengatakan, bahwa  kegiatan sosialisasi  Empat Pilar Kebangsaan, sudah cukup lama dilaksanakan oleh seluruh anggota DPR RI dan MPR RI termasuk juga DPD.  Namun, bagi DPRD Provinsi dan DPRD Kab/kota  baru beberapa kali dilaksanakan. Untuk itu, Syamsul mengajak semua elemen masyarakat khususnya masyarakat Indramayu terutama kalangan milenial untuk memahami dan mewujudkan tegaknya 4 pilar kebangsaan ini.

"Menjadi kewajiban kami untuk turut serta dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini  kepada  semua lapisan masyarakat, agar semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi tetap terjaga dan terwariskan  bagi kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa, tandasnya. (Adikarya /husein).

×
Berita Terbaru Update