Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perhutani KPH Jombang : Nandur Pohon Bersama di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS), Libat Berbagai Pihak

Minggu, 23 Januari 2022 | 22:49 WIB Last Updated 2022-01-23T17:56:46Z

 

Foto bersama pada kegiatan Nandur pohondi Kawasan Perlindungan Setempat (foto:istimewa)
Wariskan mata air jangan wariskan airmata untuk anak cucu kita

JOMBANG, Faktabandungraya.com,-- Sekitar 1000 pohon tanaman dari berbagai jenis di tanam di Kawasan Sempadan Sungai petak 42 b wilayah Perhutani KPH Jombang dengan melibatkan berbagai pihak.

Kegiatan Nandur (tanaman-red) bersama pada Kawasan Perlindungan Setempat (KPS), merupakan bentuk kerjasama para pihak baik Pondok pesantren Segoro Agung, DPR RI, Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, Forkopimda Jombang, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jombang, CDK Wilayah Nganjuk, Perum Perhutani KPH Jombang, LMDH, Muspika Kecamatan Mojoagung, Pegiat / kelompok peduli lingkungan, PT. Pertamina, PT. Angkasa Pura I, Pujon food estate, Mahasiswa dan para pihak yang lain.

Ada kurang lebih 250 orang yang terlibat pada kegiatan Penanaman pohon bersama ini.  Aksi nyata hari ini dilakukan dengan menanam berbagai jenis tanaman kurang lebih 1000 bibit, antara lain Kurma, durian, alpukat, sawo, kelengkeng, mangga dan nangka.

Jenis tanaman ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat maupun lingkungan desa kedung lumpang ini.

Administratur Perhutani KKPH Jombang, Muklisin mengajak kepada masyarakat dan semua pihak untuk selalu melestarikan dalam budidaya menanam, agar bumi dan hutan terlindungi.

Dengan menanam pohon,  kita turut melindungi hutan dari kerusakan mengurangi tingkat kekritisan hutan, Bahkan lebih dari itu, kita secara langsung kita telah melestarikan hutan dan Mata Air.

“Hutan Lestari Banyune Ajeg Mili”, karena kata memang  harus mewarskan mata air bukan air mata yang diwariskan kepada anakcucu kita, ujar Muklisin.

Kegiatan Nandur pohon pada Kawasan Perlindungan Setempat (KPS), Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Jabung dan BKPH Gedangan , Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jombang Kedung Lumping, Minggu, (23/01/2022).

Melalui kegiatan nandur pohon bersama, diharapkan dapat mewujudkan ekosistem yang lebih baik, khususnya yang ada di wilayah kabupaten Jombang, dan Jawa Timur pada umumnya.

acara kegiatan Nandur pohon bersama di KPS (foto:istimwa) 
Apalagi kegiatan nandur pohon di Kawasan Sempadan Sungai petak 42 b wilayah Perhutani KPH Jombang, administrasi masuk desa Kedung Lumpang, kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang ini melibatkan berbagai pihak.

Baik dari Pondok Pesantren Segoro Agung DPR RI, Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, Forkopimda Jombang, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Jombang, CDK Wilayah Nganjuk, Perum Perhutani KPH Jombang, LMDH, Muspika Kecamatan Mojoagung, Pegiat / kelompok peduli lingkungan, PT. Pertamina, PT. Angkasa Pura I, Pujon food estate, Mahasiswa dan para pihak yang lain.

Penanaman (Nandur) pohon bersama ini, merupakan bentuk kerjasama semua pihak yang terlibat langsung sebagai upaya gerak nyata untuk melestarikan hutan agar tetap terjaga dan terlestarikan.

Kita tentunya berharap pohon yang ditanam dapat tumbuh dan berkembang, sehingga dapat  meningkatkan daya dukung ekositem terhadap lingkungan dan kehidupan.

Dengan membangun ekosistem atau lingkungan yang ramah terhadap kehidupan, seogakita terhindar dari bahwa bahwa bencana alam.

acara kegiatan Nandur pohon bersama di KPS (foto:istimwa) 

Penanaman pohon bersama ini tidak hanya berhenti disini, tapi juga  akan terus dilakukan pamanfaatan dan perlindungan di seluruh KPS yang ada di wilayah BKPH Jabung dan BKPH Gedangan dalam rangka pemulihan/penghijauan kembali KPS melalui pengkayaan tanaman keras dan MPTS, menjaga kelestarian di sekitar KPS, Pelestarian sumber mata air, dalam jangka panjang berpotensi untuk pengembangan wisata edukasi/wisata alam dan wisata petik buah.

Salam hijau, salam lestari, salam berkah untuk bumi yang kita cintai. (rls/red).

×
Berita Terbaru Update