Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut Arus Mudik Lebaran 2022, Tol Cisumdawu Sudah Siapkan Rest Area

Minggu, 24 April 2022 | 23:49 WIB Last Updated 2022-04-24T16:52:46Z

Aggota Komisi IV DPRD Jabar Hasbullah Rahmat saat meninjau perkembangan jalan Tol CIsumdawu (foto:ist).

 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat H. Hasbullah Rahmat, SPd, M.Hum memperkirakan arus mudik Lebaran 2022 ini diperkirakan akan mengalami lonjakan sangat seginifikan , maklum sudah dua tahun tidak lebaran dikampung halaman.

Lonjakan arus mudik akan terjadi, hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang mengizinkan masyarakat untuk dapat merayakan lebaran di kampung halaman.  

Guna mengantisipasi  lonjakan arus mudik terutama yang masuk dan keluar wilayah Jabar,  maka sepekan jelang Lebaran,  pemerinah membuka  dan mengoperasionalkan Tol Cisumdawu Seksi III Exit Cimalaka –kabupaten Sumedang.

 “Mau Mudik Lebaran , ayo cobain jalan  Tol Cisumdawu daripada terjebak kemacetan di Jalur Pantura”, kata Bang Has sapaan akrab Hasbullah Rahmat  saat dihubungi memalui telepon selulernya, Minggu, 24 April 2022,  terkait akan dibukanya jalan Seksi III Tol Cisumdawu exit Cimalaka- Kabupaten Sumedang jelang Lebaran2022.

Walaupun jalan  Tol Cisumdawu belum seluruh selesai, kita harus bersyukur, menjelang arus mudik Lebaran IdulFitri 1443 H,   bisa digunakan untuk mudik oleh masyarakat dari pintu tol Cileunyi hingga Exit Tol Cimalaka (Seksi tiga Jalan Tol Cisumdawu).

Dengan dibukanya jalan Tol Cisumdawu, walau baru sampai Seksi III Exit Cimalaka-Sumedang, tentunya sangat mendukung kelancaran arus mudik . Selama ini setiap musim mudik, masyarakat lebih memilih jalur Pantura, sehingga sering terjadi kemacetan. 

Pada musim mudik lebaran tahun ini,  masyarakat dapat menggunakan jalan Tol Cisumdawu.  Pihak pengelola jalan Tol Cisumdawu telah membuka Seksi I dan II yaitu dari Cileunyi-Pemulihan sepanjang  11,45 km.  Untuk Seksi II dari Pemulihan –hingga Sumedang sepanjang 17,05 Km. Sedangkan Seksi III dari Sumedang – Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Dikatakan, rencananya dibukanya jalan tol hingga Exit Cimalaka, hanya diperuntukan kendaraan kecil, sedangkan Bus dan truck belum diijinkan. Hal ini mengingat di jalur dari Karapyak-Sumedang Kota-Cimalaka masih ada sisa -sisa longsoran yang sedang dalam perbaikan.

“Jadi, Karapyak-Sumedang Kota-Cimalaka. Itu situasional hanya dibuka sampai jam lima sore kalau tidak hujan. Untuk itu, bagi masyarakat yang kan mudik lebaran via Jalan To Cisumdawu, harus tetap wasada dan berhati-hati”, ujar Politisi PAN Jabar ini.

Selain Waspada dan hati-hati, ia  menghimbau, agar para pemudik terutama yang membawa kendaraan hedaknya memanfaatkan  rest area yang ada disepanjang jalan tol, untuk istirahat sejenak menghindari kecapean dan ngantuk. " imbuh Bang Has. (adip/husein).

 

×
Berita Terbaru Update