Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gedung Creative Center Cirebon Tempot Promosi Karya Inovatif Masyarakat Cirebon

Minggu, 15 Mei 2022 | 22:50 WIB Last Updated 2022-05-16T15:54:57Z
Gedung Negara Eks Kantor BKPP kini  menjadi Gedung Creative Center Cirebon (foto:ist).
 

CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Anggota Komisi II DPRD Jabar, H. Syamsul Bachri, SH, MBA meminta gedung Creative Center Cirebon (CCC) di lingkungan Gedung Negara, Kabupaten Cirebon sebagai tempat promosi karya Creative dan inovasi masyarakat Cirebon.


Di gedung Creative Center Cirobon inilah nanti berbagai karya inovatif  masyarakat Cirebon terutama yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dapat ditemukan. Selain itu,  diharapkan juga dapat memancing anak muda berkreatif dan berinovasi, sehingga tumbuh masyarakat kreatif dari Cirebon dan sekitarnya dapat menghasilkan produk berdaya saing.

"Gedung Creative center ini bisa sebagai etalase masing-masing wilayah untuk menjual produk-produknya, tentunya hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Syamsul Bachri, SH, MBA saat dihubungi belum lama ini.

Gedung Negara eks kantor  Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) wilayah Cirebon yang terletak di Jalan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, kini  sudah ditetapkan sebagai bangunan heritage yang dijamin dengan undang-undang.

Dikarenakan sudah menjadi bangunan heritage, tentunya dalam melakukan renovasi dan perbaikan untuk dialih fungsikan  menjadi Gedung Creatif Center, tidak dibolehkan merubah keasliannya.

“Kini kondisi gedung negara eks BKPP setelah dilakukan renovasi jauh kelihatan lebih megah dan cantik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk  berkunjung dan bersuafoto serta dapat membeli karya inovatif  masyarakat Cirebon ”, ujar Syamsul dari Fraksi PDI Perjuangan.

Ia menambahkan, Cirebon terkenal dengan makanan khas dan produk kerajinan rotannya. Sehingga bisa dimaksimalkan dengan sentuhan kreativitas agar rotan dan batik khas Cirebon dapat kembali mendunia.

“Etalase produk Jawa Barat bisa ditampilkan di sini. Juga geliat kerajinan rotan bisa dibangkitkan kembali dan wisatawan dapat dating dapat membeli produk-produk inovasi masyarakat Cirebo,” katanya.

Bahkan tambahnya, dapat ditampilkan berbagai macam kesenian khas Jawa Barat atau kesenian khas Cirebon sebagai pemikat dalam berkesenian local dan wisatawan. Sehingga, ekonomi masyarakat dapat tumbuh dengan sendirinya dengan mengedepankan kreativitas dan tentunya dengan pengelolaan yang baik.

"Salah satunya sudah ada komunitas yang bekerja sama dengan Pemprov Jabar untuk mengakomodir kegiatan usaha dan kesenian untuk diberdayakan disini, tentunya ini hal yang positif,” ujar anggota legislative Jabar dari Dapil Jabar XII (kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini.

Gedung Creative Center ini,  sambung dia, tidak hanya sebatas pajangan saja tetapi di sini juga ada ruangan yang lengkap,  seperti kantor, dan sarana pendukung lainnya,  agar gedung ini menjadi gedung creatif terbaik di Jawa Barat maupun Indonesia, tadasnya. (adip/husein).  

×
Berita Terbaru Update