Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut HJKB, Pemkot Bandung dan Perusahaan Telekomunikasi Cat Tiang dan Kencangkan Kabel Udara

Kamis, 22 September 2022 | 07:09 WIB Last Updated 2022-09-23T00:17:00Z
Sekdakot Bandung Ema Sumarna bersama Karyawan Telekomunikasi melakukan pengecatan Tiang Telekomunikasi


  
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Menyambut Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HKJB) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama para penyelenggara jaringan telekomunikasi, operator telekomunikasi, penyedia jasa internet serta PT. PLN mengecat tiang dan kencangkan kabel udara, Rabu 21 September 2022.

Hal itu dilakukan di seputar Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jalan Merdeka, Jalan Aceh dan sebagian Jalan RE Martadinata. Kegiatan ditandai dengan simbolisasi pengecatan tiang oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna.

Ema mengatakan, kegiatan pengecatan tiang dan pengencangan kabel udara sebagai upaya mewujudkan Kota Bandung yang tertib, bersih, dan indah serta menambah estetika Kota.

"Ini hanya momentum saja, sesuai arahan Wali Kota Bandung sudah saatnya bersih tertib indah dalam segala hal. Kita sudah menurunkan kabel udara ke bawah tanah 'ducting' di Dago, tidak kecuali PLN harus turun," kata Ema.

Ema menegaskan, kabel ilegal yang masih banyak ditemukan untuk segera ditertibkan.

"Kalau ada kabel ilegal dipotong saja. Hukum harus jadi panglima supaya kota ini tertib, bersih dan indah. Semua bertanggungjawab pada fungsinya masing masing," ujarnya.

Ia meminta kegiatan ini tidak sebatas seremonial semata namun dilakukan secara rutin.

"Kegiatan hari ini saya minta secara rutin setiap bulan, bahkan setiap hari," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan A. Brilyana memastikan akan melakukan operasi perapihan kabel, pengecatan tiang, dan pemotongan kabel secara berkelanjutan.

"Supaya kota ini tertib, rapi, yang terutama bagi kemanan masyarakat. Karena kabel yang menjuntai berbahaya bagi masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, terdapat 200 tiang yang akan dicat di sekitar Balai Kota. Selain mengecat tiang, juga akan memotong bagi kabel yang sudah tidak aktif, menarik kabel menjuntai ke jalan dan persil, dan merapikan kabel udara.

Selanjutnya memperbaiki tiang miring, pengurangan tiang serta mengecat ODC (Optical Distribution Cabinet).

"Pengguna kabel udara di Kota Bandung untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan, kebersihan, kenyamanan dan estetika dari sisi infrastruktur telekomunikasi dan informatika," kata Yayan.

Kegiatan ini didukung penuh perusahan telekomunikasi. Salah satunya Deputi General Manager Witel Bandung Telkom Indonesia, Novitasari Kusumadewi.

Ia mengatakan, Telkom Indonesia mendukung penuh program Pemkot Bandung untuk melakukan perapihan kabel udara.

"Kami sangat mendukung penuh, hari ini kita turunkan 10 petugas untuk mengencangkan kabel dan mengecat tiang. Kita juga menginventarisir tiang-tiang di sekitar balai kota," ujarnya.

Ia pun menyatakan siap mendukung kegiatan serupa yang akan rutin dilakukan oleh Pemkot Bandung.

"Intinya kami siap. Ini sudah kita lakukan setiap hari, memastikan kerapihan setiap kabel juga kita lakukan. Kita siap mendukung," katanya. (rob/red).

×
Berita Terbaru Update