Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Atasi Sampah Wilayah Ciayumajakuning, Syamsul Bachri : TPPAS Reg Ciwaringin di Kab Cirebon Harus Secepatnya Dibangun

Minggu, 12 Maret 2023 | 21:12 WIB Last Updated 2023-03-28T14:17:45Z
ilustari - Tumpukan sampah diTPA Gunung Santri 



CIREBON, Realitapublik.com,-- Anggota Komsi II DPRD Provinsi Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, masalah lingkungan hidup dan sampah menjadi tanggungjawab bersama.  Untuk itu,  Fraksi PDIP DPRD Jabar  akan mendorong agar di beberapa wailayah di Jabar dibangun  TPPAS Regional.

Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional, termasuk juga di wilayah Ciayumakuning terutama di Kabupaten Cirebon, sangat penting dalam mengendalikan dan mengatasi sampah dan menjaga lingkungan agar tetap terjaga dan terhindar dari dampak yang berasal dari sampah-sampah.

Legislator Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon dan Kab. Indramayu) mengatakan, terkait masalah Lingkungan Hidup terutama dalam mengatasi persampahan. Menurutnya, bahwa soal Lingkungan Hidup itu bukan di bidang Komisi II namun di Komisi IV. Tetapi kita di DPRD Jabar, terutama Fraksi PDIP sangat mendorong sekali dibeberapa wilayah di Jabar untuk segara dibangun Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional, termasuk juga di wilayah Ciayumajakuning terutama di Kabupaten Cirebon.

Ia menambahkan bahwa dalam RPJMD Jabar, akan dibangun beberapa TPPAS Regional, yaitu TPPAS Regional Lulut Nambo di Kab Bogor; TPPAS Legok Nangka di Kab Bandung: TPPAS Ciwaringin Kab Cirebon dan TPPAS Regional diwilayah Bekasi, Karawang dan Purwakarta.Seluruh TPPAS Regional tersebut berada dibawah naungan Dinas Lingkungan Provinsi Jabar, ujarnya.

Khusus TPPAS Regional Ciwaringin hingga kini belum dimulai pembangunannya, karena masih terkendala pembebasan lahan, dan belum ada calon investornya. Tetapi kita terus mendorong agar Pemprov Jabar mengupayakan segera menyediakan lahan dan mencari calon investor.

Kita sadarin betul bahwa kehadiran TPPAS Regional Cawaringin sangat ditunggu oleh masyarakat dan pemerintah daerah Ciayumakuning dalam mengatasi dan pengelolaan sampah akhir. Bahkan dari TPPAS tersebut sampah-sampah diolah hingga menghasilkan Refused Derived Fuel (RDF) sebagai bahan pengganti batu bara, ujarnya.

Syamsul berpesan kepada  masyarakat Cirebon dan Indramayu, bahwa tahun 2023 ini merupakan tahun politik, untuk itu agar berhati-hati dalam menanggapi isu-isu yang disebar di media social.

“Jaga kerukunan sesama warga dan tetap hidup bergotong royong dalam bingkai NKRI, tandasnya. (AdiP/ahw).

×
Berita Terbaru Update