Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tebing Breksi Yogyakarta Dapat Menginspirasi Pengembangan Desa Wisata di Jabar

Kamis, 16 Maret 2023 | 23:38 WIB Last Updated 2023-03-16T16:38:03Z

Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Mirza AGam Gumay, SmHk dari Fraksi Gerindra Persatuan (foto:dok M.A.G).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Provinsi Jawa Barat memiliki keindahan alam yang luar biasa yang dapat dikembangkan menjadi objek pariwisata.   Bahkan masyarakat Jabar dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh.


Dalam mengembangkan sector pariwisata, kini Jabar sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2022 tentang Desa Wisata. 

Sebagai payung hukum, Perda Desa Wisata diharapkan dapat memfasilitasi desa-desa di Jabar yang memiliki potensi wisata untuk menjadi desa wisata, sehingga akan berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pendapatan desa.

Demikian dikatakan, anggota Komisi II DPRD Jabar, H. Mirza Agam Gumay, SmHk saat dimintai tanggapan terkait implementasi Perda No 2 tahun 2022 tentang Desa Wisata, Kamis (16/3/2023).

Dalam Perda Desa Wisata Jabar ada beberapa poin penting, diantaranya, pemetaan dan pengembangan potensi desa wisata, pemberdayaan desa wisata, dukungan penyediaan infrastruktur desa wisata, dan sistem informasi desa wisata.

Kemudian, kerja sama dan sinergisitas, pemberian penghargaan, pembentukan forum komunikasi desa wisata, partisipasi masyarakat dan dunia usaha, pembinaan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota, pengawasan dan pembiayaan.

Nah, untuk itulah, belum lama ini, Komisi II DPRD Jabar melakukan serangkaian kegiatan study komparasi ke beberapa daerah, seperti ke Jateng, Yogyakarta dan Bali.  Dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi terkait Pengelolaan Desa Wisata, ujar Politisi Gerindra dari Dapil Kab Cianjur ini.

Dikatakan, saat Komisi II ke Yogyakarta, sempat meninjau langsung  lokasi objek wisata Tebing Breksi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wiatawan. Bahkan tingkat kunjungan wisatawan sungguh luar biasa.

Tebing Breksi yang terletak di Desa Sambirejo Provnsi D.I. Yogyakarta setelah dikelola pemerintah desa dan masyarakat setempat menjadi penghasil bagi kelurahan Sambirejo.  Bahkan PAD Kalurahan Sambirejo yang mencapai Rp 1,2 miliar pada tahun 2019. Dan sejak Pandemi semakin melandai, tingkat kunjungan wisatawan terus berambah.

Dulu, sebelum Tebing Breksi menjadi objek Wisata , masayrakat sekitar mata pencariannya mayoritas penambang pasir. Namun  sekarang beralih menjadi pelaku usaha wisata karena adanya objek wisata Tebing Breksi.

“Tebing Breksi adalah destinasi yang dikelola secara terintegrasi dengan desa yang mana hal tersebut dapat menjadi contoh bagi daerah wisata khususnya di Jawa Barat,” tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update