Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Herry Dermawan : Peningkatan SDM Mendorong Kemajuan Sektor Ekonomi Kreatif

Sabtu, 17 Juni 2023 | 21:53 WIB Last Updated 2023-06-22T14:57:58Z
Ir.H.Herry Dermawan : Ekonomi Kreatif merupakan konsep kreatif menghasilkan Karya (foto:ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep perekonomi yang lebih menekankan kreativitas seseorang atau kelompok dalam menghasilkan sebuah karya atau produksi.

Dalam mengembangkan sector ekonomi kreativ,  Pemerintah terus mendorong para pekerja yang bergerak di sector ekonomi kreatif terus berkembang dan menghasilkan produk-produk yang bernilai ekonomi.  Untuk itu, perlu didorong dengan berbagai pelatihan peningkatan sumber daya manusianya.

Menurut anggota Komisi II DPRD Jabar, Ir H. Herry Dermawan dari Fraksi PAN, memasuki era pasca pendemi covid-19, DPRD Jabar meminta kepada pemerintah mulai dari Pusat, Perovinsi dan Kabupaten/kota melalui Dinas terkait, seperti Dinas Koperasi-UMK, Disperindak, agar terus mendorong kemajuan sector ekonomi kreativ.

Sektor Ekonomi kreativ telah terbukti mambantu percepatan pertumbuhan ekonomi dan mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat. Bahkan, juga mampu mengurangi angka tingkat pengangguran ditengah masyarakat, menciptakan peluang usaha baru. 

Demikian dikatakan anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.H Herry Dermawan yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Jabar saat dihubungi melalui telepon selulernya,Sabtu (17/6/2023).

Politisi PAN Jabar ini menambahkan, ekonomi kreativ juga memiliki  dampak positif yang menguntungkan bagi lingkungan masyarakat dimana lokasi ekonomi kreativ tersebut berada. Bahkan, bisa mendatangkan devisa negara.  Hal ini karena biasanya di lokasi beradanya ekonomi kreativ akan menjadi tujuan wisata dan Kawasan Wisata Ekonomi Kreativ.

Lebih lanjut anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XIII ( Kab.Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar) ini mengatakan, Komisi II yang membidangi Perekonomian, akan terus mendorong agar sector ekonomi kreativ Jabar terus berkembang dan menghasilkan karya dan produksi dengan kwalitas  baik.

Melalui aktivitas ekonomi kreatif , diharapkan setiap daerah bahkan hingga tingkat Desa-desa tumbuh dan berkembang ekonomi kreativ. Apalagi saat ini provinsi Jabar sudah memiliki Perda Desa Wisata.  Sehingga, diharapkan setiap desa se Jabar dapat tumbuh dan berkembang ekonomi kreativ dengan ciri khas muatan lokal.

Lebih lanjut Herry mengatakan, Provinsi Jabar selain memiliki sumber daya alam yang luar biasa, juga terkenal kalangan anak mudanya memiliki kreativitas yang tinggi dan penuh inovasi. 

Berbagai produk sumber daya alam seperti pertambangan, pertanian, industry, teknology informasi  semuanya dapat dikelola dan dikembangkan menjadi industry ekonomi kreativ. Yang ujungnya dapat mendorong peingkatan ekonomi masyarakat, tandasnya. (AdiP/sein).

 

 

×
Berita Terbaru Update