Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sosialisasikan Ganjar, Relawan Gabungan Alumni Jabar (GAJ) Gelar Baksos Pengobatan Gratis di Desa Ciemas Kabupaten Sukabumi

Minggu, 30 Juli 2023 | 20:06 WIB Last Updated 2023-07-30T13:08:17Z
Sosialisasikan Ganjar,  Relawan Gabungan Alumni Jabar (GAJ) menggelar Pengobatan Gratis di desa Ciemas Kec. Ciemas Kab Sukabumi


 
 
SUKABUMI, Faktabandungraya.com,-- Sejumlah organ relawan Alumni antar Perguruan Tinggi di Jawa Barat yang tergabung dalam Gabungan Alumni Jawa Barat (GAJ), pada hari Sabtu, tanggal 29 Juli 2023 melakukan kegiatan Bakti Sosial berupa Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Kp.Mekarasih, Desa Ciemas Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Gabungan Alumni Jawa Barat (GAJ) merupakan kolaborasi bersama sejumlah organ relawan berbasis alumni ini terdiri dari AIS GP (Alumni ITB), PARA GP (Alumni Unpar), AUBGP (Alumni Unpad), FA UPN GP (Alumni UPN), FA IU GP (Alumni UI), FA Maranatha (Alumni Maranatha), FAM IPB (alumni IPB) ini di fokuskan untuk sosialisasi dan memenangkan suara Ganjar Pranowo yang berkomitmen merebut suara di wilayah Jawa Barat, dan fokus dimulai di wilayah terjauh dan terpencil di Jawa Barat.

Kegiatan ini bertempat di rumah salah seorang warga kampung Mekarsari yang tempatnya dengan sukarela bersedia dijadikan tempat dan ruang berobat bagi dokter dan pasien, bernama Siti Miamunah.

 “ Demi kegiatan positif warga, saya akan selalu mendukung siapapun yang peduli dengan warga kami”, ujar Bunda Mai sapaan  Siti Miamunah yang biasa disapa warga setempat.

Pembukaan dan registrasi dibuka pagi hari tepat pukul 07.00 wib ini sangat disambut dengan baik olah masyarakat setempat, tercatat sebanyak 157 orang waga dari 100 orang yang semula ditargetkan panitia di menjadi peserta pengobatan gratis ini, dengan ditangani oleh Tim Dokter GAJ berikut obat-obatan yang disediakan bagi warga secara cuma-cuma.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan GAJ kali ini, Ammar Rasjad (AIS GP), "Kegiatan Pengobatan Gratis GAJ sangat sejalan dengan visi misi GAJ untuk mendukung kelanjutan visi pemerintah Joko Widodo dalam program “Sehatkan dan Cerdaskan Bangsa” sesuai dengan amanat dan cita-cita negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana amanat UUD ’45".

Lebih lanjut, Ammar Rasjad mengatakan, bahwa Bakti Sosial Pengobatan Gratis dilakukan pada hari ini oleh Gabungan Alumni Jawa Barat (GAJ) sebagai bentuk pernyataan sikap GAJ dan organ-organ yang terlibat untuk mendukung penuh Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang. 

Untuk itu, kami harus membangun semangat kebersamaan dan kepedulian Gabungan Alumni Jawa Barat (GAJ) terhadap masyarakat di Jabar bagian Selatan yang butuh perhatian kalangan terdidik, dimana menurut banyak survey lokal, wilayah ini sangat jauh tertinggal untuk suara Ganjar Pranowo dalam masa pilpres mendatang, jika tidak segera direbut suaranya melalui program-program sosialisasi edukatif dan menyentuh masyarakat langsung, maka suara Ganjar Pranowo di Jawa Barat akan kalah sebagaimana pada masa Pilpres 2019 lalu, ujar Ammar.

Dirtempat yang sama, salah seorang wakil dari organ relawan PARA GP, Lukman Nurhakim, mengatakan "GAJ akan terus mengingatkan masyarakat tentang pentingnya warga Ciemas dan sekitarnya untuk memanfaatkan hak suara mereka pada pilpres 2024 nanti.

Dikatakan Lukman, kemajuan dan pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintahan Joko Widodo, sejauh ini telah dirasakan oleh masyarakat Indonesia termasuk juga Warga Ciemas Kab Sukabumi ini.

Warga Ciemas mengantri menunggu panggilan pemeriksaan kesehatan

Melalui program Bantuan Dana Desa yang digelontorkan oleh Presiden Jokowi keseluruh Desa-desa se Indonesia, kini infrastruktur jalan desa sudah pada bagus.  Bahkan kini setiap desa telah memiliki BUMDES, Koperasi warga masing-masing sudah banyak terbentuk, kondisi ini harus dapat dilanjutkan dan menjadi perhatian oleh Pemerintahan mendatang.


Selain itu pembangunan di daerah pesisir selatan yang kaya akan sumber daya alam mineral dan hasil bumi ini, harus dilanjutkan kembali oleh pemimpin yang tepat baik di tingkat lokal dan nasional yang sejalan dengan visi pembangunan Jokowi. “Program lanjutkan pembangunan dan visi Jokowi harus berlanjut”, demikian kata Lukman.

Disamping kegiatan pengobatan gratis, acara diisi dengan bentuk penyuluhan, sharing informasi dan diskusi tentang kesehatan keluarga pencegahan dan penyuluhan stunting, penanggulangan malaria dan demam berdarah oleh dokter dan tenaga kesehatan yang merupakan alumni-alumni dari berbagai organ yang tergabung dalam GAJ.

Yanti salah seorang Warga Ciemas yang turut kegiatan Pengobatan Gratis GAJ mengatakan,  kegiatan Baksos Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan sangat bemanfaat bagi warga Ciemas., karena selain dekat dari rumah, anak-anaknya juga bisa sekalian diajak check up dan konsultasi perkembangan kesehatan dengan pak Dokter".

Harapan Yanti  (ibu muda-red) semoga kegiatan ini dapat dilakukan dengan rutin di wilayah lainnya di Kabupaten Sukabumi, karena di wilayah ini banyak diketemukan persoalan stunting, banyak warga kurang memperhatikan masalah ini sejak dini, padahal pertumbukan kesehatan anak dan akan berdampak pada kecerdasan anak di kemudian hari nanti, harapnya.

Ada hal yang menarik dalam acara tersebut,  seorang pemuda warga Kecamatan Ciemas bernama Febri yang ternyata Mahasiswa Universtitas Padjajaran Bandung, ikut dan turut membantu kegiatan yang diselenggarakan oleh GAJ.

Warga Ciemas sedang menunggu pengambilan obat



 “ Saya tergerak untuk membantu setelah melihat flyer kegiatan Pengobatan Gratis ini di media sosial dan langsung datang kemari”. Mahasiswa semester 6 ini berharap dia bisa memotivasi generasi muda di Kampung Mekarsari dan sekitarnya di Ciemas ini untuk percaya diri dan mampu bisa kuliah di perguruan tinggi di kota, banyak generasi Milenial & Gen Z setempat perlu digali potensinya dan diapresiasi gagasannya untuk perkembangan Kabupaten Sukabumi”. 

Febri berharap acara ini bisa memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat dan akan membuka hubungan yang tak terputus dengan rekan-rekan alumni untuk membuka peluang sebesar – besarnya bagi mereka untuk berkarya dan menyalurkan kreatifitas.

Harapan anak muda yang di kategorikan generasi Z ini tentunya disambut dengan baik oleh Gabungan Alumni Jawa Barat, dan akan menjadi pendukung utama agar gagasan – gagasan mereka tersebut dapat terlaksana nanti dalam berbagai bentuk kolaborasi kegiatan.

Menurut salah seorang anggota Panitia dari AIS ITB, Rona Marginung,  “Keberhasilan kegiatan pengobatan gratis ini, akan menjadi kegiatan utama dan rutin GAJ selanjutnya, dan tentunya akan berkolaborasi dengan masyarakat pesisir untuk membuat program - program kegiatan serupa, dalam waktu dekat ini di Garut Selatan yang tentunya akan melibatkan langsung warga dengan tujuan memberikan penyuluhan kesehatan , dan meningkatkan kesehatan masyarakat dan menciptakan generasi yang cerdas dan sehat utamanya”.

Kegiatan Pengobatan gratis ini ditutup setelah shalat dzuhur bersama, makan ala botram di daun pisan dan dengan doa’ bersama panitia, tokoh warga setempat dan warga tepat pukul 14.00 wib. (*/red).

Inilah Tim Relawan GAJ yang melakukan pengobatan Gratis di Ciemas Kab Sukabumi 


×
Berita Terbaru Update