Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

IKA Tambang Unisba Akan Menggelar Mubes ke V Tahun 2023

Jumat, 25 Agustus 2023 | 20:32 WIB Last Updated 2023-08-25T23:53:25Z


BANDUNG, faktabandungraya.com
,- Ikatan Alumni Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung (IKA Tambang UNISBA) akan menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke V, pada Sabtu besok (26/8/2023) di Savoy Homann, Kota Bandung.

Dengan mengusung tema 'Peran Alumni Dalam Meningkatkan Iklim Akademis Guna Menunjang Pengembangan Profesi'. Mubes V tahun 2023, dijadikan momentum bagi Ikatan Alumni Teknik Pertambangan Unisba meningkatkan dan memperluas jejaring di dunia pertambangan.

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Mubes V 2023, Dr. Dudi Nasrudin Usman, S.T., M.T., saat ditemui sehari sebelum pelaksanaan di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jumat (25/8/2023) sore.

Dijelaskan Dudi, Mubes ke V IKA Tambang Unisba akan menggelar secara Hybrid melaksanakan sidang pleno pembahasan AD/ART organisasi, pertanggungjawaban pengurus periode 2018-2022, pemilihan Ketua Umum IKA Tambang Unisba periode 2023-2027, pembentukan tim formatur, serta sejumlah rekomendasi internal dan eksternal.

“Ya, Mubes ini sangat penting, diantaranya memberikan satu peluang kepada kita untuk kita bisa menetapkan siapa leader yang akan terpilih untuk membawa IKA Tambang ini menjadi besar dan membumi kepada alumni dan juga eksternal," ujarnya.

"Karena kita banyak berhubungan dengan pemerintahan, perusahaan nasional maupun asing. Sehingga dari internal kita harus memiliki rasa dulu bahwa kita punya satu wadah yang bisa menghasilkan orang-orang yang siap membangun di negeri ini di sektor pertambangan,” terangnya.

Terkait dengan kandidat calon Ketua Umum IKA Tambang Unisba periode 2023-2027, Dudi Nasrudin Usman belum mengungkapkan secara rinci karena masih menjadi bagian kajian dari tim pengarah yang diketuai oleh Nandang Sudrajat.

“Kandidat yang namanya sudah masuk malam ini akan digodok oleh tim pengarah, termasuk program dari setiap calon. Kira-kira besok pagi nama-nama kandidat yang baru akan muncul dalam Mubes IKA Tambang Unisba ke-V ini," jelasnya.

"Harapan kita tentu banyak yang mendaftar untuk menjadi kandidat sehingga kita juga bisa melihat karakteristik yang kuat dari para calon, kuat secara keilmuan, teknologi, dan aspek kebijakan. Mudah-mudahan ada yang mendekati karakteristik yang diharapkan seperti itu,” harapnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Umum IKA Tambang Unisba periode 2018-2022, Dr. H. Himawan Nuryahya, M.M., berharap Mubes V kali ini bisa berjalan dengan lancar dan melahirkan figur ketua umum yang bisa lebih memajukan organisasi alumni dan civitas akademika Unisba.

“Insya Allah, kita doakan dan harapkan bersama kegiatan Mubes V IKA Tambang Unisba ini berjalan dengan lancar dan hasilnya nanti bisa membawa civitas akademika Unisba, khususnya alumni Teknik Pertambangan lebih bermanfaat bagi kemaslahatan di bidang pendidikan dan dunia tenaga kerja di tanah air juga dunia,” ujar Himawan.

Siapapun yang nantinya akan menjadi ketua umum IKA Tambang Unisba periode 2023-2027, dirinya berharap bisa melanjutkan dan meningkatkan program-program setelah masa kepemimpinannya selama dua periode . Serta bisa mengimplementasikan sesuai tema yang diusung dalam Mubes kali ini.

Antara lain, kata Himawan, mengupayakan dan menciptakan iklim akademisi yang baik, agar lulusan Teknik Pertambangan Unisba semakin maju dan bisa memberikan kontribusi yang besar dalam dunia pertambangan di Indonesia.

Selain itu, lanjut ke Himawan, selama ini IKA Tambang Unisba sudah menjadi fasilitator pendidikan bagi mahasiswa.

“Adik-adik mahasiswa yang ingin magang, yang mengurus adalah IKA, karena alumni kita tersebar. Sehingga mahasiswa tidak harus bingung pada tugas penelitiannya,” ujarnya.

“Alhamdulillah, alumni Teknik Pertambangan Unisba sudah ada sekitar tiga ribuan orang yang sudah terlihat eksistensinya, termasuk di wilayah pertambangan pulau Kalimantan yang kurang lebih 70 persen alumni bergerak di sektor tambang batu bara,” tutup Himawan Nuryahya.(Cuy/DBS)

×
Berita Terbaru Update