Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Muhamad Faishal : Dorong Penguasaan Bahasa Inggris dan Teknologi, Gen Z Indonesia Dengan Dirikan Sayap Malaikat Foundation

Sabtu, 02 Desember 2023 | 15:18 WIB Last Updated 2023-12-02T08:18:02Z
Muhamad Faishal sedang mengedukasi Gen  Z  agar mampu mengusai bahasa Inggris



Pengetahuan bahasa Inggris merupakan salah satu kunci penting untuk meningkatkan daya saing dunia kerja, khususnya di tingkat global. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia diketahui belum terlalu fasih berbahasa Inggris.

Laporan Indeks Kemahiran Bahasa Inggris tahun 2022 yang diterbitkan oleh EF Education First menempatkan Indonesia pada peringkat 81 dari 111 negara yang disurvei. Meski peringkatnya turun satu tingkat dibandingkan tahun lalu, Indonesia patut cukup puas dengan perolehan 469 poin dari total 800 poin kali ini. Hasil ini sesuai dengan rentang menengah atau level B1 dari Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa.

Pakar pendidikan Universitas Severas Maret (UNS) Surakarta Slamet Subyantoro mengatakan, digitalisasi pendidikan merupakan kemajuan yang luar biasa untuk mengimbangi konten di baliknya. Digitalisasi pendidikan merupakan respons terhadap tuntutan global yang serba cepat dan praktis.

Penguasaan teknologi dapat mendukung kreativitas siswa yang tidak terbatas pada berbagai platform media yang ada. Digitalisasi pendidikan membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya menghasilkan banyak inovasi.

Guru sebagai fasilitator harus lebih kreatif, inovatif, dan mahir memanfaatkan teknologi. Mau tidak mau, guru perlu mempelajari dan memahami cara memanfaatkan perangkat TIK untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar.

Seperti yang kita ketahui bahwa Muhamad Faishal adalah salah satu Gen Z Indonesia yang cukup dikenal karena segudang prestasi internasionalnya seperti menjadi pembicara dalam forum dan seminar besar dunia, menjadi juri pada kompetisi besar internasional, menerima penghargaan internasional, maupun menjuarai beberapa kompetisi internasional.

Selain aktif dalam prestasi akademik, Muhamad Faishal juga aktif di sosial media melalui akun instagram pribadinya yaitu @muhamadfaishal14 dan juga dunia entertainment, bahkan tak hanya itu tetapi dia mengabdikan ilmu-ilmu yang dia dapatkan untuk generasi muda di Indonesia terkhususnya dari daerah-daerah kecil hingga ke penjuru negeri.

Bahkan, dalam selang beberapa tahun ini Muhamad Faishal telah menginisiasi dampak perubahan positif untuk dapat dijadikan inspirasi bagi pemuda Indonesia khususnya generasi z dengan mendirikan organisasi non-profit yaitu Sayap Malaikat Foundation.

Sayap Malaikat Foundation sendiri adalah NGO yang berfokuskan pada isu pendidikan, kemisikinan, lingkungan, terkhususnya untuk pemerataan teknologi dan globalisasi bagi anak-anak Indonesia salah satunya adalah dengan penguasaan bahasa inggris dan mengedukasi anak dan pemuda agar menjadikan sosial media sebagai platform untuk berkembang.

NGO ini telah memiliki banyak kegiatan untuk membawa dampak perubahan bagi bangsa dan dapat kita lihat melalui instagramnya @sayapmalaikatfoundation.

Sejak remaja hingga saat ini Muhamad Faishal telah aktif dengan berbagai kegiatan amal yang didirikannya telah melakukan banyak aksi nyata terhadap pengaruh pendidikan khususnya untuk kemajuan SDM Indonesia.

Dalam era globalisasi agar bisa bersaing dengan masyarakat global bagi anak-anak maupun pemuda mulai dari kalangan pelosok daerah, panti asuhan, hingga terjun ke sekolah-sekolah dari mulai sekolah anak jalanan, TK, SD, SMP, SMA dengan memberikan seminar dan penyuluhan gratis kepada siswa.  

Berawal dari aktifnya Muhamad Faishal dalam berbagai ketigatan amal sejak kecil dan melihat kualitas pendidikan dan mindset dari anak daerah yang di kota kecil dan di kota besar sangat timpang.

Selain itu, karena faktor akses pendidikan hal itu dipicu karena kurangnya inspirasi dan koneksi dari anak-anak kota-kota kecil di Indonesia, sehingga menyebabkan kurang terbukanya pemikiran anak-anak untuk meningkatkan skill internasional berupa kemampuan bahasa inggris dan efektifitas penggunaan teknologi agar kedepannya Indonesia semakin unggul dan merata disetiap daerah untuk menarik pangsa pasar internasional dalam bidang apapun.

Muhamad Faishal mengembangkan hal itu dengan cara online dan juga offline, sering mengadakan acara seminar internasional baik secara online maupun offline untuk mengajak Gen Z Indonesia meningkatkan International Mindednya.

inilah foto kegiatan yg dilakukan oleh Muhamad Faishal bersama NGO Sayap Malaikat Foundation


Sedangkan,  untuk anak-anak daerah Muhamad Faishal aktif berkunjung ke panti asuhan untuk santunan dana dan juga mengajar secara gratis dan rutin, maupun sekolahan untuk membagikan buku metode belajar bahasa inggris dan juga panduan penggunaan teknologi yang efisien.


Selain itu, memberi arahan kepada para orang tua agar tak membatasi anaknya dalam bermain gadget dan komputer selagi mereka bisa produktif dan dapat belajar banyak hal dan terkoneksi dengan anak-anak di luar sana agar bisa mendapatkan peluang dan menciptakan ide ide baru untuk mengembangkan daerahnya sendiri di masa yang akan datang.

Sayap Malaikat Foundation, membantu mengubah taraf hidup generasi muda di Indonesia dan secara global, Sayap Malaikat Foundation membantu ribuan Anak Yatim Piatu, daerah pedesaan, berkunjung ke sekolah-sekolah.

Disatu sisi NGO ini berfokus pada pendanaan pendidikan dan fasilitas pendukung sekolah bagi anak-anak hingga remaja, panti asuhan dan daerah pedesaan yang minim akses terhadap pendidikan dan inspirasi, mendistribusikan buku-buku metode belajar bahasa Inggris cepat, menyelenggarakan program pengajaran bahasa Inggris secara gratis. 

Bahkan lebih dari itu, Sayap Malaikat Foundation juga  memberikan motivasi dengan kisah inspiratif Muhamad Faishal dari seorang desa kecil yang berhasil menembus karir global dengan modal bahasa Inggris dan teknologi, memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang hadirnya Web 3.0 dan salah satu modal utamanya adalah mampu berbahasa Inggris.

Mendidik masyarakat untuk mempelajari undang-undang yang akan dikeluarkan untuk Web 3.0 yang juga merupakan saran saya untuk ASEAN.

Mengkampanyekan isu lingkungan hidup, stop pernikahan dini, kesehatan, kesetaraan gender, literasi. Menginspirasi generasi muda melalui soft marketing agar bisa membantu sesama dalam bentuk hal kecil dibandingkan tidak berbuat apa-apa.

Memperkenalkan Indonesia kepada dunia bahwa generasi muda Indonesia mempunyai generasi muda yang sangat produktif untuk kemajuan bangsa, dengan bekerja sama dengan generasi muda global dan public figure global dalam mensukseskan program Yayasan Sayap Malaikat. Dengan mendirikan Brom Show anda dapat menciptakan Lokal Internasional untuk Indonesia, dengan mendirikan Brom Mattens Tailor anda dapat mengurangi isu pemanasan global. (*).
×
Berita Terbaru Update