Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi II Dorong Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Terus Berinovasi Ciptakan Alat Pertanian

Selasa, 19 Maret 2024 | 19:34 WIB Last Updated 2024-03-21T17:38:22Z
anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.Herry Dermawan dari FPAN



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  DPRD Jawa Barat akan mendorong Pemerintah Provinsi Jabar melalui  Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian agar terus  berinovasi dalam menciptakan dan memproduksi peralatan pertanian.  

Balai mekanisasi pertanian Jawa Barat  cukup banyak inovasi nya hanya saja untuk perluasan ke masyarakat pelaku usaha tani jadi dirasa masih kurang, sehingga alat mesin pertanian ini hanya menjadi prototype saja.

Untuk itu kedepan DPRD Jabar melalui Komisi II selaku  mitra Dinas Pertanian akan mensupport anggaran untuk  agar  Balai Mekanisasi Pertanian dapat terus berinovasi dan memproduksi perlatan pertanin yang dapat bermanfaat bagi petani dalam mendorong peningkatakan produksi pertanian, kata Anggota Komisi II Ir.H. Herry Dermawan saat dihubungi, baru-baru ini.

Dikatakan, agar  inovasi peralata pertanian semakin bermanfaat bagi petani, tentunya para petani diberikan bimbingan teknis dalam penggunaan teknologi pertanian,  sehingga peralatan pertanian yang digunakan benar-benar mendukung peningkatan produksifitas  pertanian.

Sebagai mana kita ketahui bahwa  lahan pertanian di wilayah Jabar masih cukup luas , namun sebagai  daerah penyokong hasil pangan terbesar secara nasional, maka dalam pendistribusian hasil inovasi balai tersebut harus lebih merata sehingga akan berdampak terhadap produksi pertanian di Jabar, ujar politisi PAN  Jabar Ini.  

Pimpinan dan Anggota Komisi II saat kunker ke Balai Pertanian

 
Lebih lanjut Herry Dermawan mengatakan,   peralatan inovasi pertanian yang buat oleh Balai Mekanisasi Pertanian Jabar  jangan hanya dijadikan prototype semata, tetapi harus diterapkan dan implentasikan serta di produksi.  Sehingga, dapat mendukung para petani dalam meningkatkan produksi pertanian, terutama bagi para petani yang hanya memiliki lahan kecil.


Untuk itulah,  Komisi II DPRD Jabar  akan mendorong  pihak Balai Mekanisasi Pertanian Jabar untuk memproduksi peralatan pertanian yang telah dikaji dan diuji dilapangan, sehingga Jabar sebagai daerah penyumbang pangan nasional tetap terjaga ditengah semakin berkurang lahan pertanian akibat alih fungsi lahan, tandasnya.

Sebagai informasi bahwa beberapa waktu lalu Pimpina da anggota Komisi II melakuka kunker ke  Balai Mekanisasi Pertanian Jabar  di Cianjur.

Komisi II mengapresiasi hasil karya inovasi peralatan pertanian  Balai Mekanisasi Pertanian Jabar  di Cianjur, namun, sangat disayangkan, masih berupa prototype, belum diperoduksi. Hal inni karena tidak tersedianya anggaran untuk memproduksi peralatan  pertanian tersebut. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update