Overpass Antapani Bandung Jembatan Layang Tercantik di Indonesia


FAKTABANDUNGRAYA.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengapresiasi atas selesainya pembangunan dan diresmikannya Overpass Pelangi Antapani oleh Wakil Preiden (Wapres) RI M Jusuf Kalla, Selasa (24/01).  Menurut Wagub Deddy, Overpass Pelangi Antapani Kota Bandung, Jawa Barat merupakan jembatan laying yang designnya cukup cantic, sehinga secara tidak langsung menambah ikon baru kota Bandung.

Design Overpass Pelangi Antapani yang digagas langsung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, mulai dibangun sejak Juni 2016 slalu. Dimana groundbreaking / perletakan batu pertamanya oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada 10 Juni 2016. Penggunaan ujicobanya pada akhir tahun 2016, namun, secara resmi dapat dipergunakan oleh masyarakat mulai hari ini, ujar  Wagub Deddy dalam sambutannya  pada peresmian Overpass Antapani di Jalan Terusan Jakarta Kota Bandung.

Dikatakan, dengan hadirnya Overpass Pelangi Antapani Bandung tidak hanya menjadi kebanggaan bagi warga Kota Bandung, tapi bagi juga untuk Jawa Barat bahkan warga Indonesia.

"Mengapa jadi kebanggaan karena overpass tersebut merupakan proyek jalan layang pertama di Indonesia yang menggunakan rancang bangun hasil karya anak bangsa, yakni struktur baja bergelombang (Corrugated Mortabusa Pusjatan atau CMP)," kata Deddy Mizwar.

Ia mengatakan berkat teknologi CMP tersebut maka biaya pembangunan overpass tersebut bisa dihemat dan waktu pembangunannya hingga 50 persen lebih.

"Alhamdulilah berkat teknologi dan inovasinya, waktu tempuh bisa dipercepat 50 persen. Biayanya juga efisien tanpa mengabaikan kekuatan konstruksi bangunannya," kata dia.

Dengan kata lain, lanjut Deddy, Overpass Pelaangi Antapani tersebut menjadi pembuktian kemampuan bangsa Indonesia dalam bidang teknik.

Pada kesempatan tersebut Pemprov Jawa Barat berterima kasih kepada warga Kota Bandung dan Pemkot Bandung atas dukungan dan kesabarannya selama pembangunan overpass tersebut, pungkasnya.

Wapres didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan sejumlah pejabat lainnya. (sein).



Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar