Satpom AU Gelar Pemeriksaan Kendaraan Dinas Dan Pribadi Milik Personel Lanud Husein Sastranegara

BANDUNG, (FBR.Com),-- Kepala Dinas Logistik Lanud Husein Sastranegara Letkol Kal Bagus Setiawan, didampingi Kadispers  Letkol Adm Pramu Subroto. S.AP dan Kadisops Mayor Nav Sunardi serta Dansatpom Mayor Pom Made Oka, menggelar pemeriksaan kendaraan dinas operasional dan kendaraan non dinas/pribadi milik personel Lanud Husein Sastranegara. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (12-13 Feb 2018) di Apron Base Ops Lanud Husein Sastranegara. Satu persatu kendaraan dinas diperiksa langsung oleh Dansatpom serta personel Satpom Lanud Husein Sastranegara.

Dalam arahannya kemarin pada kegiatan Apel Kendaraan dilaksanakan, Kadislog menjelaskan, bahwa kegiatan apel kendaraan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui kesiapan/kelaikan operasional, kelengkapan maupun kebersihan kendaraan dinas, serta dalam rangka peningkatan ketertiban dan disiplin dalam berkendara.

Dansatpom Lanud Husein Sastranegara Mayor Pom Made Oka disela-sela kegiatan menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan tersebut, selain melaksanakan pemeriksaan kelengkapan pokok kendaraan seperti kaca spion, plat nomor kendaraan, standarisasi knalpot juga kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM TNI, STNK serta KTA.

“Bagi operator kendaraan yang terbukti tidak dapat menunjukkan kelengkapan yaitu SIM TNI, STNK maupun KTA yang sudah habis masa berlakunya, untuk segera diurus dan lapor ke Satpomau, sehingga surat-surat kelengkapan kendaraan tersebut dapat berlaku lagi”, jelas Dansatpom. 

Sementara, Dalam sweeping kendaraan pribadi, personel Satpomau memeriksa kelengkapan pokok kendaraan seperti lampu penerangan, kaca spion, plat nomor kendaraan, standarisasi knalpot juga kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK serta KTA.

Dansatpom Lanud Husein Sastranegara Mayor Pom Made Oka menjelaskan pemeriksaan kendaraan ini merupakan Hal yang sangat penting bagi pengendara roda empat maupun roda dua, guna memelihara keselamatan dan keamanaan saat berkendaraan.

“Bagi personel yang terbukti tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat surat, SIM maupun kelengkapan kendaraan lain, sementara belum dikenakan sanksi, hanya teguran, untuk segera melengkapinya”, terang Dansatpom.

Senada dengan Dansatpom, Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb M. Iman Handojo, S.IKom menyampaikan kepada personel yang diberikan kepercayaan dan bertanggung jawab terhadap kendaraan dinas tersebut, untuk selalu merawat dan memelihara kendaraan siap operasional. Selain itu, Danlanud juga menambahkan agar kendaraan dinas yang beroperasi harus sesuai aturan, serta dioperasikan dengan penuh rasa tanggung jawab, baik dalam hal kesiapan kendaraan tersebut maupun kelengkapan dalam bekendara.

"Kendaraan berplat dinas harus tetap selalu dirawat, agar layak operasi, dan jangan lupa harus selalu dibersihkan, karena jika kendaraan bersih itu enak dipandang mata”, ujarnya, "dengan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan tingkat pelanggaran disiplin anggota akan berkurang dan pemahaman diri tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan penggunaan kendaraan dinas dapat menjadi budaya khususnya bagi seluruh personel," pungkas Danlanud. (suryadi).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.