Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kota Bandung Raih Predikat Clean Air Dari Asean

Rabu, 13 September 2017 | 19:03 WIB Last Updated 2017-09-13T12:07:16Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,--Jelang peringatan HUT ke 207 , Walikota Bandung Ridwan Kamil meraih penghargaan Asean Working Group on Environmentaly sustainable cities (AWG ESC) pada gelaran acara Asean of environment ministry yang diselenggarakan oleh sekretariat Asean. Penghargaan yang diterima Kota Bandung dalam kategori udara bersih (Certificate of Recognition for Clean Air ) diterima langsung Ridwan Kamil di Bandar Sri Begawan Brunei Darussalam, Selasa (12/09).

Prestasi bidang clean air atau udara bersih tersebut, melengkapi prestasi 3 (tiga) kota lain di Indonesia yang juga meraih peringkat 1 untuk kategori clean Water untuk kota Malang, clean land untuk kota Makassar, serta esc award diraih oleh Tulungagung. Kota-kota tersebut berhasil menyisihkan kota-kota unggulan dari setiap perwakilan negara di Asean, berdasarkan kategori kota kecil dan kota besar.

Kota Bandung diusulkan oleh KLHK untuk mewakili Indonesia karena pada tahun 2013 dan 2015 menjadi kota terbaik di Indonesia dalam Evaluasi Kualitas Udara

Dalam penilaian oleh komite lingkungan hidup pada Sekretariat Asean, kota Bandung bersaing ketat dengan Kota Can tho yang diusulkan oleh Vietnam.

Penilaian dilakukan dari berbagai aspek dalam rentang waktu yang cukup lama, mulai dari aspek administrasi, uji data sampai dengan presentasi yang dilakukan oleh delegasi Indonesia.

Kota Bandung unggul tipis dari kota Can tho negara Vietnam karena dipandang memiliki inovasi-inovasi yang sangat baik untuk mewujudkan kota dengan udara bersih.

Ridwan Kamil Walikota Bandung sangat bersyukur atas penghargaan tersebut dan mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama warga kota Bandung yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Menurutnya Tidak ada Prestasi tanpa kerja keras. Prestasi yang diraih merupakan apresiasi atas kerja kerja yang dipandang telah sesuai dengan agenda lingkungan hidup. Tapi kerja belum selesai karena masih ada yang harus terus kita tingkatkan, ujarnya.

Emil berharap asosiasi perbengkelan di kota Bandung yang selama ini sangat aktif melakukan uji emisi gratis, bisa meningkatkan kuantitas kegiatannya dan bekerjasama dengan DLHK, kewilayahan dan RT/RW semakin masif membantu melakukan uji emisi gratis di kawasan permukiman.

Kantor pemerintahan dan pertokoan diharapkan memiliki kawasan atau tempat parkir bebas emisi, sebagai insentif bagi kendaraan bermotor yang telah lulus uji emisi.

Udara di Kota Bandung akan menjadi semakin baik apabila setiap kendaraan bermotor di kota Bandung telah lulus uji emisi, dan semakin banyak warga yang menggunakan transportasi massa ataupun sepeda sebagai alat transportasi.

Terakhir, kegiatan-kegiatan penghijauan, green building ataupun vertical garden harus semakin diintensifkan, tandasnya. (hms/red).
×
Berita Terbaru Update