DPRD Jabar Minta Pj Gubernur Segara Sampaikan Usulan APBD Perubahan 2018

Ineu Purwadewi Sundari
Ketua DPRD Jabar
BANDUNG, (faktabandungraya.com),-- Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari , S.Sos, MM mengatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), bahwa APBD Perubahan tahun 2018 harus sudah ditetapkan paling lambat bulan Agustus 2018. Untuk itu, DPRD Jabar meminta Penjabat Gubernur beserta jajarannya untuk segera menyampaikan usulan APBD Perubahan 2018.

Berhubung APBD Perubahan harus sudah berjalan pada bulan Agustus dan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) 2019 harus tuntas pada akhir Juli 2018. Untuk itu, jadwal pembahasan APBD Perubahan nanti kita koordinasikan dengan Penjabat Gubernur M. Iriawan, kata Ineu kepada wartawan, Senin (2/7-2018).

Dikatakan, berhubung penyusunan APBD Perubahan 2018 dan KUA 2019 bersama pejabat Gubernur maka sangat memungkinkan Tim Transisi Gubernur dan wakil Gubernur Terpilih 2018 untuk berkoordinasi dan berdialog dengan Pj Gubernur dan Pemprov Jabar, terkait pembahasan program agar bisa masuk dalam APBD Perubahan, ujarnya.

Namun, kta Ineu, bisa tidaknya Tim transisi memasukan program kerja yang tengah berjalan, itu tergantung aturan yang dikeluarkan oleh pusat. Karena penyusunan APBD Perubahan 2018 dan KUA 2019 di ditangan pejabat gubenur, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pembahasan APBD tidak bisa serba singkat mengingat banyak aturan main yang harus ditempuh sekaligus jadwal yang sudah disepakati bersama antara Pemprov dan DPRD Jawa Barat.

Pihaknya mengaku program-program gubernur terpilih memang harus sudah mulai dimasukkan mengingat rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Jabar 2018-2023 berdasarkan pada visi dan misi calon terpilih.

"Namun ini ada aturannya, pembahasan memang tidak bisa seenaknya, tapi dialog tim boleh dan dimungkinkan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan visi misi serta program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang menang dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat 2018 akan ikut dibahas dalam APBD Perubahan Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2018 atau APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019.

"Jadi sebelum tim transisi dari cagub cawagub Jawa Barat terpilih masuk, kami sudah menghimpun visi misi dan janji kampanye lewat tim khusus yang dibentuk Bappeda," kata Iwa Karniwa.

Iwa menuturkan upaya ini merupakan langkah proaktif mengingat proses penyusunan anggaran tidak boleh terhambat oleh agenda Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat.?

Ketika proses rekapitulasi suara Pilgub Jabar 9 Juli mendatang berakhir, kata Iwa, pihaknya sudah memiliki bahan program dari calon.

"Jadi secara tidak langsung kita sudah akan mengakomodir janji kampanye pemenang Pilkada supaya seiring sejalan. Nanti APBD itu akan seiring dengan kepentingan pusat, pemenang Pilkada dan hasil pembahasan Musrenbang," tandasnya. (sein/red).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.