Momentum Hari Pahlawan, Satgas Citarum Bersama Warga Bersihkan Sungai Di Desa Lagadar

FAKTABANDUNGRAYA.COM, MARGAASIH - Musim hujan tak surutkan Satgas Citarum Sektor 21 melakukan upaya pembersihan dan pencemaran sungai dari segala faktor yang dapat merugikan bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini sesuai tugas yang diamanahkan oleh Perpres No 15 Tahun 2018 untuk mengembalikan kelestarian sungai Citarum, Satgas Citarum Sektor 21 fokus dalam menjaga dan mengembalikan anak dan cucu sungai Citarum dari berbagai pencemaran, mulai dari sampah domestik hingga sampah Industri.

Hari ini, tepat 10 November 2018 diperingati sebagai Hari Pahlawan, Satgas Citarum Sektor 21 bersama warga bahu membahu melakukan kegiatan pembersihan sungai. Selain merupakan bagian dari kegiatan rutin anggota Satgas, kegiatan yang melibatkan warga bisa menjadi refleksi, dimana perjuangan dalam mengembalikan kelestarian alam dan lingkungan harus melibatkan semua komponen dan unsur.

Hal ini ditunjukkan oleh Satgas Subsektor 21-10 desa Nanjung dan Satgas Subsektor 21-11 desa Lagadar. Dua Subsektor ini bekerjasama dengan warga membersihkan aliran dan bantaran sungai dari potensi pencemaran sampah domestik.

Dengan dibantu warga yang tergabung dalam Pelopor Ecovillage, Satgas beserta warga melaksanakan karya bakti pembersihan sampah di anak sungai Cimahi, Rt 04 Rw 17, desa Lagadar, Kabupaten Bandung.

"Kehadiran mereka (warga-red) sangat membantu, karena Ecovilage mempunyai tujuan yg sama, Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita," ujar Dansubsektor 21-11, melalui Wadansubsektor Sertu Toto.

"Sampai hari ini, warga desa Lagadar yang tergabung dalam Pelopor Ecovillage sudah mencapai 20 orang. Dan semoga jumlahnya semakin bertambah, karena kelestarian sungai menjadi tanggung jawab kita semua," sambungnya.

"Untuk membangun tingkat kesadaran warga akan pentingnya menjaga lingkungan, kami setiap hari melakukan sosialisasi dengan menemui warga dan menyampaikan tentang lingkungan dan sungai sesuai cita-cita program citarum harum," pungkasnya. (Cuy/red)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.