Sedimentasi Dan Sampah Di Sungai Sukamanah Lagadar Berhasil Dibersihkan Jajaran Satgas Citarum

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG,- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 11/Lagadar sukses mengangkat sedimentasi dan sampah yang selama ini menghambat aliran sungai di sekitar bendungan Kampung Sukamanah, Rabu (21/11/2018).

Sedimentasi setebal lebih satu meter ini berhasil dibersihkan dengan cara manual selama dua hari yang dikerjakan sejak kemarin oleh jajaran Satgas bersama dengan warga dan Gober.

Dengan dibersihkannya dari sedimentasi dan sampah ini, diharapkan aliran air dapat berjalan dengan lancar dan bebas hambatan, agar mengurangi potensi banjir, seiring tingkat curah hujan yang kini sudah tinggi.

"Sampah yang menghambat aliran sungai disini didominasi oleh kain majun dan sampah plastik," ujar Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Wadan Subsektor 11/Lagadar Sertu Toto.

Sertu Toto juga menyebutkan bahwa di lokasi yang dibersihkan tersebut sudah kurang lebih satu tahun belum ditangani oleh instansi terkait.

"Ketebalan sedimentasi kurang lebih satu meter dan sebagian sudah mengeras, sehingga dihancurkan dengan bantuan pompa," kata Sertu Toto lagi.

Namun demikian, dikatakan oleh Sertu Toto, sudah sekitar dua bulan ini kondisi air sungai yang melewati wilayah tugasnya sudah cukup jernih.

"Ada 6 pabrik disini. Tapi hingga kini mereka tidak ada yang berani membuang limbah dalam kondisi kotor," tegas Sertu Toto.

Diharapkan oleh jajaran Satgas yang senantiasa antusias dalam mengerjakan tugasnya ini, warga dan kalangan pelaku usaha di sekitar bantaran sungai dapat ikut berperan aktif memelihara sungai dan ekosistem disekitarnya. [red]

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.