Sungai Mulai Bersih, Anak Anak Warga Desa Lagadar Manfaatkan Untuk Berenang

FAKTABANDUNGRAYA.COM, MARGAASIH - Upaya mengembalikan kelestarian dan ekosistem aliran sungai Cimahi mulai nampak menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik. Selain voleme sampah domestik semakin berkurang, kondisi aliran sungai sudah lebih terlihat alami karena menurunnya tingkat pencemaran dari limbah industri.

Kondisi semakin membaik itu dapat dilihat dari air Sungai Cimahi yang mengalir di desa Lagadar Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. "Sudah 2 bulan terakhir ini aliran sungai keliatan bersih, sungai mulai dipenuhi anak-anak sekitar untuk berenang, malah yang mancing pun banyak," ujar Dansubsektor 21-11 melalui Wadansubsektor Sertu Toto, Senin (19/11).

Kami, lanjut Toto, tidak pernah menentukan anak-anak untuk berenang, hanya berjalannya waktu dengan kondisi air bersih dan ikan hidup dan tempat itu berada dekat pemukiman di Kampung Sukamanah RW 07 desa Lagadar.

"Tempat itu dekat taman yang kami buat namun belum selesai, tahapan pembuatan baru 50 persen penyelesaian," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa tingkat manfaat yang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitar bantaran sungai Cimahi di desa Lagadar adalah bagian tugas yang berkesinambungan antara Subsektor 21-14 Cimahi Utara, Subsektor 21-13 Cimahi Selatan, Subsektor 21-10 desa Nanjung dan Subsektor 21-11 desa Lagadar. (cuy/rls)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.