Satgas Citarum Subsektor 21-02 Cileunyi Bangun 9 Bak Sampah

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG,- Untuk membantu warga masyarakat dalam mengelola sampahnya guna menjaga kebersihan di lingkungan pemukiman dan daerah aliran sungai,   jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 02/Cileunyi bangun 9 (sembilan) bak sampah yang berada di sepanjang daerah aliran Sungai Cikeruh.

"Sembilan bak sampah tersebut, enam diantaranya sudah selesai dikerjakan, termasuk yang didekat Pasar Dangdeur Rancaekek, dan tiga lagi sedang kita kerjakan saat ini," kata Dansubsektor 21-02 Serma Agus Gustomi kepada wartawan hari ini, setelah melaksanakan karya bakti di Sungai Cikeruh Kp Jajaway Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi, Rabu (12/12).

Dipilihnya pembangunan bak sampah di lokasi yang kini sudah ada, menurut Serma Agus, adalah titik lokasi sebelumnya warga sering membuang sampah. "Titik lokasi bak sampah yang dibangun tersebut awalnya belum tertata dengan baik, sehingga banyak tumpukan sampah yang selain mengganggu kenyamanan warga juga berpotensi sampah menumpuk itu masuk ke aliran sungai," ujarnya.

"Alhamdulillah, sinergi kita dengan elemen masyarakat, kewilayahan, termasuk Bhabinkamtibmas Polri berjalan dengan baik dalam mewujudkan kebersihan lingkungan warga," tambahnya.

Kendala yang dihadapi oleh jajaran Subsektor 21-02 untuk normalisasi aliran Sungai Cikeruh memang tidak mudah. "Sekarang di daerah Jajaway contohnya, sebelumnya ada warga yang memasang semodel cerucuk dan karung berisi tanah di bagian badan sungai. Itu menyebabkan sampah menyangkut dan menumpuk disitu, dan saat turun hujan deras air sungai meluap menggenangi sebagian warga. Pas kita bongkar, ada warga yang protes, namun sudah diberikan pemahaman. Nah, sekarang alhamdulillah daerah tersebut sudah tidak ada lagi banjir," ujarnya.

Sampah juga sebelumnya menumpuk di bantaran dan di Pintu Air, Rancaekek Kulon. "Tempo hari hampir satu bulan kita bersihkan dan kumpulkan sampah itu sampai habis kita bakar," terangnya.

Sembilan bak sampah yang juga melibatkan swadaya masyarakat setempat pada pembangunannya yang kini sudah berdiri dan masih proses pengerjaan, antara lain di Kp. Sindang Wargi Rt 03 Rw 18 Desa Cileunyi Wetan Kec. Cileunyi, Kp. Dangdeur Rt 03 Rw 04 Desa  Bojong loa Kec. Rancaekek, Kp. Bojong Pulus Rt 03 Rw 07 Desa Bojong Loa, Kp. Panyaungan Rt 08 Rw 03 Desa Cileunyi Wetan, Kp. Babakan Harja Rt 02 Rw 02 Desa Rancaekek Wetan, Kp. Cipanileman Rt 04 Rw 06 Desa Cibiru Hilir, Kp. Pintu Aer Rt 02 Rw 01 Desa Rancaekek Kulon, Kp. Sukarame Rt 01 Rw 18 Desa Cileunyi Kulon.

Dikesempatan terpisah, Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat menyebutkan, "Ada 30 hingga 50 bak sampah yang kita akan buat di wilayah Sektor 21. Ini untuk menjawab sebagian kesulitan warga untuk mengelola sampahnya setelah larangan tidak boleh membuang sampah ke aliran sungai. Diharapkan dengan adanya bak-bak sampah ini, ditindaklanjuti oleh Pemerintahan setempat," imbau Dansektor 21. (Cuy/rls).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.