Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kasdam III Siliwangi Apresiasi Kinerja Para Dansektor Satgas Citarum

Jumat, 22 Februari 2019 | 21:40 WIB Last Updated 2019-02-22T14:42:33Z

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Kasdam III/Siliwangi mengapresiasi kinerja para komandan Sektor (Dansektor) satgas Citarum, karena sudah bekerja 24 jam, melebihi ekspektasi dan target. Hal itu diungkapkan secara tegas oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc dalam Seminar Nasional, diskusi Panel Sesi 1: Sinergitas Pentahelix Merawat Ekosistem Citarum, di Asrilia Hotel, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung, Jumat (22/2/19).

"Para dansektor di setiap sektor memiliki kreatifitas masing-masing, ada yang mampu mengubah bantaran tidak hanya bersih, tapi dengan sentuhan seni menjadi tempat yang diminati warga. Melakukan penyuluhan, peringatan dan penindakan, melalui sanksi sosial, seperti yang diterapkan kepada salah satu pelaku industri, pimpinan dan karyawannya turun ke sungai melakukan kerja bhakti," ungkapnya.

Berbicara mewakili Pangdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Nurchahyanto di hadapan ratusan peserta seminar yang dihadiri Kepala BNPB Letjen Doni Monardo juga menyampaikan bahwa selama hampir setahun ini, prajurit Maung Siliwangi sesuai tugas yang diemban sesuai amanah Perpres No 15 Tahun 2018, tetap konsisten melakukan upaya penataan ekosistem sungai Citarum, mulai dari hulu, tengah dan hilir.


Diantaranya, mendorong mindset (pola pikir) masyarakat, baik mental peduli lingkungan, dan peralihan profesi. Seperti di Sektor pembibitan yang ada di hulu sungai, target penanaman 125 juta, "saat ini telah berhasil menanam pohon di lahan seluas 576 hektar," ujarnya.

Selain itu, lanjut Kasdam, Satgas Citarum sudah melakukan upaya seperti, pengolahan kompos, membersihkan sampah permukaan, pembuatan kolam resapan, dan pengerukan sedimentasi.

"Pengerukan sedimentasi sampai saat ini telah mengeruk sebanyak 214.900 meter kubik sedimen," katanya.

"Melakukan penataan bantaran sungai, dan berupaya merubah mindset masyarakat untuk bersama-sama menjaga sungai, menjadikan sungai sebagai serambi depan," tandasnya. (Sein/Cuy).
×
Berita Terbaru Update