Sosialisasi Citarum Harum Di Desa Lengkong, Dansektor 21 Harapkan Peran Aktif Elemen Masyarakat


FAKTABANDUNGRAYA.COM, BOJONGSOANG - Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat berharap semua elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung dan mensukseskan program Citarum Harum. Hal itu diungkapkan Kolonel Yusep saat memberikan paparan sosialisasi Citarum Harum kepada warga di desa Lengkong, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (9/4/19). 

Di hadapan puluhan warga yang hadir di kantor Desa Lengkong, Dansektor 21 menjelaskan latarbelakang dan tujuan Satgas Citarum Harum sesuai Perpres No 15 Tahun 2018. Selain perangkat desa Lengkong, Sosialisasi program Citarum Harum juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat penggiat lingkungan desa, serta beberapa perwakilan desa lainnya, seperti desa Sukapura dan desa Citeureup, Kecamatan Bojongsoang dan perwakilan akademisi dari Telkom University.

Dikatakan Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat, permasalahan yang terjadi di sungai Citarum diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari persoalan penggundulan lahan dan hutan di Cisanti sebagai hulu Citarum, hingga pencemaran yang terjadi di wilayah tengah DAS Citarum, pencemaran sampah domestik hingga limbah industri pabrik.

Kolonel Yusep Sudrajat menghimbau, agar warga ikut mendukung dan membangun kesadaran secara bersama terhadap lingkungan. Minimal untuk tidak membuang sampah sembarangan. Juga diharapkan di setiap desa dan lingkungan RW melalui kelompok warga peduli lingkungan, seperti Ecovillege, Bank Sampah di RW untuk mengelola sampah secara mandiri, dan bersama sama Satgas Citarum mewujudkan lingkungan bersih.

"Satgas Citarum sektor 21 selama satu tahun ini telah melakukan banyak hal untuk mengembalikan ekosistem sungai dari berbagai pencemaran yang terjadi selama ini terjadi," ujar Dansektor 21 Kolonel Yusep.

"Langkah yang sudah dilakukan satgas mulai dari pengangkatan sampah domestik rumah tangga, melokalisir pencemaran limbah industri, dan menyediakan bak sampah di beberapa subsektor yang ada di wilayah sektor 21," sambung Yusep Sudrajat.

Tentu saja, lanjut Dansektor 21, untuk lebih memaksimalkan program Citarum harum dibutuhkan peran aktif dan dukungan nyata dari setiap warga, khususnya pemerintah daerah dan kewilayahan. 

"Saya berharap semua unsur masyarakat mau berbuat dengan satu tujuan yang sama demi mengembalikan marwah warga jabar, indonesia secara umum. Alam kita jaga, maka alam akan menjaga kita," pungkasnya. (Cuy).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.