Hardiknas, Satgas Sektor 21 Libatkan Siswa Sekolah Tanam 500 Pohon Di Bantaran Sungai Cimande

FAKTABANDUNGRAYA.COM, SUMEDANG - Bertepatan dengan hari pendidikan nasional, Satgas Citarum Sektor 21 ajak puluhan siswa dari Madrasah Yasta Bunter dan SMA 1 Cimanggung dalam kegiatan Gerakan Indonesia Bersih dengan penanaman pohon di bantaran sungai Cimande, Cimanggung, Sumedang, Kamis (2/5/19).

"Mudah mudahan dengan kegiatan ini memberi pembelajaran buat (siswa) menanam pohon, menanam untuk kebaikan lingkungan," ujar Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat.

Kegiatan penanaman 500 bibit pohon di bantaran sungai Cimande juga melibatkan hampir semua unsur, mulai dari perangkat Kecamatan Cimanggung, perangkat desa Bunter, Linmas, ibu ibu kader posyandu, juga didukung oleh pihak swasta yakni beberapa pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang.

Untuk itu Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan penanaman 500 bibit pohon .

"Kegiatan ini juga berkaitan langsung dengan tugas satgas citarum harum untuk mengembalikan ekosistem sungai citarum sesuai Perpres 15 tahun 2018," tutur Dansektor 21.

Dengan kegiatan penanaman pohon ini, Dansektor 21 berharap ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, "tapi memang harus dipelihara agar tumbuh, sehingga pohon ini tidak mubajir. Ada satu PT (Coca Cola Amatil) yang memberikan 500 batang pohon, disemai mulai dari biji kemudian tumbuh setengah meter, ditanam terus mati (tidak tumbuh-red) kan sayang, ini harus dipelihara oleh masyarakat maupun satgas citarum," ungkapnya.

Sementara ikut terjun langsung dalam penanaman pohon, Camat Cimanggung Herry Harjadinata menyampaikan rasa terimakasih atas respon dari Dansektor 21 satgas citarum Kol Inf Yusep Sudrajat dan anggotanya. "Hari ini kita membersihkan sepanjang sungai Cimande dan penanaman pohon, mudah mudahan kedepan kita bisa pelihara terus dan kita tambah tanaman untuk penghijauan di daerah sini," katanya.

Camat Herry juga mengungkapkan bahwa sampah sebagai salahsatu persoalan yang ada di wilayahnya. "Lingkungan disini memang sampah yang paling banyak menjadi kendala, beberapa hari lalu ada banjir, ini masih banyak yang buang sampah ke sungai," ucapnya.

Untuk ketersediaan penampungan sampah dirinya mengungkapkan bahwa sebagian wilayah sudah mencukupi sebagian yang lain memang masih perlu penambahan.

"Saya kira ada beberapa bagian yang sudah tersedia tapi perlu juga ditambah ditempat yang lain. Aliran sungai yang ada disini ada sungai Citarik dan Cimande," ungkapnya.

Herry Harjadinata juga mengungkapkan bahwa kedepan kita akan tambah juga tempat pembakaran sampah, kita minta ke perusahaan untuk membantu kami di cimanggung ini untuk ada alat pembakaran sampah atau insenerator," pungkasnya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.