Kurangi Potensi Banjir, Warga dan Satgas Angkat Sedimentasi Secara Manual di Sungai Kalimalang Cimahi

FAKTABANDUNGRAYA.COM,BANDUNG - Puluhan warga dari 5 RT di Rw 02 Kelurahan Melong Cimahi selatan berkolaborasi dengan Satgas Citarum sektor 21 subsektor 13 melaksanakan karya bhakti di aliran sungai Kalimalang (sasak Golkar), Cimahi, Minggu (30/6/19). Kegiatan juga melibatkan DPKP Kota Cimahi dan Dinas LH Cimahi.

Dikatakan Dansubsektor 21-13 Serka Ahmad, mengapresiasi inisiasi yang dilakukan pihak warga, karena sudah proaktif dan tingkat partisipasi yang tinggi dalam melakukan pembersihan lingkungan melalui kerja bhakti bersama.

"Semoga ini menjadi bagian dari respon pemerintah daerah hingga tingkat RW menindaklanjuti sosialisasi program citarum di kelurahan melong beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Sementara, menurut Ketua RW 02 Suryana, bahwa selama ini wilayahnya sudah menjadi langganan banjir ketika hujan deras, "ya sudah kita tahu lah kalo wilayah rw 2 ini banjir, mudah mudahan dengan kerja bakti ini antisipasi bisa meminimalisir potensi banjir," ujarnya.

"Biasanya banjir bisa mencapai ketinggian 1,5 meter kalo hujan deres, kalo ujan sedang juga ada genangan," tambahnya.

Kedepan, kata Suryana, pembuatan sodetan yang rencananya akan dibuat tahun 2020 oleh pemerintah Cimahi bisa terlaksana agar mengurangi debit air ketika hujan.

Meskipun dengan cara manual, kegiatan pembersihan dan pengerukan sedimentasi ini berhasil membersihkan aliran sungai sepanjang kurang lebih 1,5 Kilometer. Sampah dan lumpur yang berhasil diangkat selanjutnya akan diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi. (Cuy).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.