Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satgas Citarum Sektor 21 Bangun Kawasan Pengolahan Sampah Terpadu di Desa Lengkong

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 08:13 WIB Last Updated 2019-08-17T01:13:25Z
BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Satgas Citarum sektor 21 bangun kawasan Tempat Olah Sampah Setempat Terpadu Mandiri Ramah Lingkungan (TOSS TM-RL) di wilayah subsektor 21-4 Cidurian, desa Lengkong, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Pembangunan Kawasan TOSS TM-RL dilakukan atas kerjasama Sektor 21 dan Pemerintah Desa Lengkong serta PT. Megah Ganda Utama (MGU) sebagai konsultan teknik.

Ditemui di lokasi pembangunan, Jumat, (16/8/19), Direktur PT MGU Ir. H Agus Ganda Permana mengatakan bahwa Kawasan TOSS TM-RL Desa Lengkong adalah sebuah Tempat atau Ruang yang  khusus dibangun sebagai suatu aplikasi sistem, dalam hal solusi penanganan pengelolaan permasalahan sampah.

Dikatakan Agus, Kawasan TOSS TM-RL di Desa Lengkong, telah mengaplikasikan teknologi IoT dilengkapi dengan CCTV, WIFI, serta dengan dukungan ICT yang lengkap dan terintegrasi, juga telah dibangun server NOC.

"Maksud dan tujuan dibangunnya kawasan toss tm rl di sekitar kantor desa lengkong, pada dasarnya untuk menangani timbunan sampah yang berada di lingkungan ini, serta sebaran sampah sampah liar yang berserakan di sepanjang jalan di sekitar desa lengkong dan akan digunakan sebagai dukungan penuh upaya percepatan penanganan masalah sampah yang berada di wilayah das citarum harum khususnya di sektor 21," jelas Agus.


Adapaun alat-alat dan mesin pengolahan sampah yang terdapat di Kawasan TOSS TM-RL kantor Desa Lengkong adalah berupa MOS ( INCENERATOR ) AG 50, Mesin Pencacah Organik, Roda Sampah Berbasis IT, Motor pengangkut sampah dan Management Kawasan.

"Setelah kawasan dapat beroperasi nanti, pihak kami memohon support dan dukungan dari semua pihak, dengan harapan kawasan ini bisa menjadi sebuah langkah nyata dan solusi yang baik, untuk mencari cara alternatif menangani masalah sampah di lingkungan dan pemukiman masyarakat," pungkasnya.

Sementara menurut Pjs Kepala Desa Lengkong, Furqon Hakimullah saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Dirinya juga berharap pembangunanya dapat segera diselesaikan

"Seandainya kawasan TOSS TM-RL ini yang berupa Incenerator yang akan di pasang bisa cepat di operasikan, maka akan sangat membantu sekali dalam penanganan sampah di wilayah ini. Untuk proggres awal, kita akan melakukan penanganan sampah di sepajang jalan Ciganitri. Karena menurut saya, sesuai dari aplikasi yang saya lihat dan beberapa contoh berita yang saya baca, alat ini bisa membantu dan ini solusi yang bagus," harapnya. (Cuy/tpro)

×
Berita Terbaru Update