Usung “West Java Crafashtiva”, Pemprov Jabar Gelar PKJB 2019 di Kawasan Gedungsate-Gasibu

 BANDUNG, Faktabandungraya.com,---Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar akan menggelar Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) ke –XIII/ 2019 di kawasan Gedung Sate- Gasibu, selama 3 hari Jumat s.d Minggu (25-27/10/2019). Tema yang diusung PKJB ke XIII/ 2019 adalah West Java Crafashtiva.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Atalia Praratya Kamil mengatakan, kegiatan PKJB 2019 adalah kali ke XIII, namun dibawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil, PKJB 2019 adalah kali pertamanya.

West Java Crafashtiva akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari Jum’at s.d Minggu (25-27 Oktober 2019) yang pelaksanaan dilakukan secara outdoor agar syiarnya terasa,” ujar pada kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Lobi Museum Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/10/2019).

Atalia menjelaskan, PKJB 2019 akan diisi dengan berbagai acara di antaranya pameran produk kerajinan dari 27 kota kabupaten se Jabar. Berbagai produk itu seperti batik, batu akik, bordir, kelom geulis, dan payung geulis akan ada di pameran tersebut

“Selama ini kalau gelaran, biasanya tidak spesifik mewajibkan peserta memakai produk sendiri. Nanti ada de ville, masing-masing menunjukkan keunggulan mereka di depan gubernur," imbuh Atalia.

Satu hal yang unik dalam PKJB 2019 ini adalah hadirnya kompetisi khusus bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Yaitu, Jabar Batik Show. "Ini (Jabar Batik Show) penting agar kita tahu jika kota dan kabupaten di Jawa Barat punya motif batik masing-masing. Ini merupakan suatu kebanggaan," lanjut Atalia.

PKJB 2019 tidak hanya akan menyajikan pameran kerajinan saja. Masyarakat yang hadir juga akan dimanjakan dengan berbagai kelezatan sajian kuliner khas Jawa Barat.

Gelaran ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan sejumlah artis. Mereka adalah, GASS, The Cangcuters, ISBI, Pakuan Band, dan Sakatalu. Selain itu juga akan ada pemecahan rekor pelepasan 740 merpati, pemecahan rekor doodle papel pidato sebanyak 2019 lembar.

"Rangkaian acara ini merupakan hasil kerja sama dengan Politeknik Tekstil," kata Atalia yang tidak lain adalah, istri dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Harapannya, festival ini harus munculkan hal berbeda, banyak yang dirangkul, dipromosikan, dan networking lebih luas,” imbuh Atalia.

Sementara itu, Panitia PKJB 2019, Muhammad Irfan mengatakan, PKJB 2019 ini akan terintegrasi dengan acara informal dan Gelar Produk UKM. “Ada 300 karya di display sayap kiri gedung Sate besok pada Sabtu dan Minggu,” ujar dia.

Nantinya, jalan yang digunakan untuk acara PKJB 2019 meliputi Jalan Diponegoro, Jalan Cilamaya, Jalan Majapahit, dan Jalan Sentot Alibasa (sein).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.