Gubernur Jabar Serahkan DIPA 2020 dan Penghargaan ke Kab/Kota

BANDUNG , Faktabandungraya.com,--- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan sejumlah penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Hilton, Kota Bandung, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan tersebut terdiri dari penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2019, penghargaan Perangkat Daerah Pemrakarsa Kerja sama Daerah, Tim Koordinasi Kerja sama Daerah Kabupaten dan Kota Terbaik Tahun 2019, dan penghargaan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2017.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa APBN Tahun 2020.

“Hari ini ada empat acara, yang pertama pemberian DIPA mewakili pemerintah pusat. Kedua, memberikan opini WTP, khususnya (kepada daerah yang mendapatkan WTP) lima kali berturut-turut. Masih ada tiga daerah yang belum (meraih opini WTP), itu yang sedang kita motivasi,” kata Emil –sapaan Ridwan Kamil.

“Kemudian pemberian hadiah bagi daerah yang proaktif, seperti Pak Gubernur-nya kemana-mana buat menjalin kerja sama. Dan yang terakhir, yang rapornya paling baik di kacamata Provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.

Emil menyatakan, prestasi Jabar terus mengalami peningkatan. Meski begitu, dia meminta kepada seluruh Pemda Kabupaten/Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menjaga kekompakan guna mewujudkan Jabar Juara.

“Saya kira Jawa Barat sudah membaik, tapi kita ikut pesan presiden, lima tahun kedepan fokus di pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), juga meningkatkan reformasi birokrasi, dan meningkatkan kualitas infrastruktur,” ucapnya.

“Saya kira tiga rumus tadi sedang kita kerja samakan, dan Forkominda juga lagi kompak-kompaknya. Semoga suasana yang positif ini akan membawa Jabar Juara lebih cepat,” tambahnya.

Penghargaan Capaian Opini WTP yang didapat lima kali berturut-turut diberikan kepada Pemda Kab, Bekasi, Kab. Ciamis, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka, Kab. Sukabumi, Kab. Sumedang, Kota Banjar, Kota Cimahi, Kota Depok, dan Kota Sukabumi.

Sedangkan, Pemda Kabupaten/Kota yang menerima opini WTP Tahun 2018, yakni Kab. Bandung, Kab. Bogor, Kab. Cirebon, Kab. Garut, Kab. Indramayu, Kab. Karawang, Kab. Pangandaran, Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, dan Kota Bogor.

Sementara itu, DIPA 2020 diserahkan secara simbolis kepada Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar, Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, Ketua Pengadilan Tinggi Jabar, Kepala BPK RI Perwakilan Jabar, Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Kepala Kantor Regional III BKN Bandung, Kepala Lembaga Penyiaran Publik, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Kepala Dinas Pendidikan Jabar, serta Kepala Dinas Kesehatan Jabar.

Adapun, Perangkat Daerah Pemrakarsa Kerjasama Daerah Terbaik Tahun 2019 diterima oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar.

Penerima Penghargaan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Tahun 2017:

Peringkat 1 : Kab. Kuningan
Peringkat 2 : Kab. Garut
Peringkat 3 : Kab. Sukabumi

Penerima Penghargaan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Tahun 2017:
Peringkat 1 : Kota Cimahi
Peringkat 2 : Kota Banjar
Peringkat 3 : Kota Bandung

Penerima Penghargaan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Kabupaten Terbaik Tahun 2019:
Peringkat 1 : Kab. Bogor
Peringkat 2 : Kab. Sukabumi
Peringkat 3 : Kab. Karawang

Penerima Penghargaan Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Kota Terbaik Tahun 2019:
Peringkat 1 : Kota Bandung
Peringkat 2 : Kota Bogor
Peringkat 3 : Kota Sukabumi



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.