Bersama Wakil Walikota Cimahi, Dansektor 21 Pantau Progres Pembibitan

CIMAHI, faktabandungraya.com,--- Rencana pembuatan Subsektor pembibitan oleh Satgas Citarum Sektor 21 di kawasan Taman Kehati, Cipageran, Cimahi. Meski baru satu minggu lalu dimulai, namun progres penyiapan dan pengerjaannya instensif dilakukan oleh Satgas Sektor 21 dan Dinas LH Cimahi.

Saat ini, progres pembuatan subsektor pembibitan, satgas citarum sektor 21 tengah membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti Barak, Musholla, serta MCK untuk prajurit yang akan bertugas di lokasi. Juga, instalasi Paranet yang akan digunakan sebagai penyemaian tanaman.

Untuk penyiapan sarana dan prasarana awal, "saat ini kita akan bangun yang paling penting adalah mushola dan MCK serta barak prajurit, agar prajurit tidak kemana-mana untuk setiap saat bisa mengawasi dan melaksanakan aktifitas disini,” kata Kolonel Inf Yusep saat meninjau lokasi bersama Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, Jumat (24/01/2020).

"Kita gerak cepat untuk pelaksanaan pembibitan pohon ini, untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini di musim hujan," imbuhnya.

Di hadapan Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengucapkan rasa terimakasih atas lahan yang akan dipakai satgas untuk pembibitan.

"Untuk tempat ini, kami ucapkan terimakasih kepada Pemkot Cimahi yang sudah memberikan ruang untuk kita Sektor 21 melaksanakan pembibitan disini," tuturnya.


Selain Pemkot Cimahi, Dansektor 21 juga menyampaikan apresiasi kepada pihak yang yang mendukung dan peduli lingkungan, "ini berkat bantuan dari pemkot dan rekan-rekan kita yang peduli terhadap lingkungan. Sektor 21 tidak punya uang, hanya punya semangat dan keinginan untuk membangun ini. Cimahi ini kota kecil, kalau pemerintahnya sudah mau melaksanakan kegiatan demi lingkungan, ini bisa menjadi contoh bagi kota-kota lainnya," harapnya.

Dengan penyediaan lahan ini, Kolonel Yusep berjanji akan mengelola dengan baik, "kita akan kelola dengan baik untuk nantinya apabila bibit bibit yang kita semai sudah siap tanam, kita akan tanam di kawasan atas Cimahi yang sudah gundul,” terangnya.

Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat juga berencana, nantinya di atas lahan seluas 5 Hektare milik Pemkot Cimahi ini, dapat memenuhi target percepatan penanaman dan penghijauan wilayah Kota Cimahi, khususnya yang masuk daerah Kawasan Bandung Utara (KBU).


"Kita lihat, hampir 60 hingga 70 persen saat ini disini ditanami palawija. Kedepan kita akan tanami pohon keras, dan minimal ada pohon kopi yang hasilnya bermanfaat secara ekonomi. Kita juga akan komunikasi dengan pemilik-pemilik lahan disini, agar juga menanam pohon keras, tidak hanya palawija saja. Cimahi juga sebagian sudah masuk kawasan Bandung Utara (KBU), kawasan yang tidak boleh lagi ditanami bangunan beton-beton dan sebagainya,” tegas Dansektor 21. (cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.