Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Pesan Pangdam III Siliwangi, Jalankan Renaksi dan Tingkatkan Koordinasi Dengan Semua Pihak

BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A., tekankan jajaran Dansektor Satgas Citarum tetap melaksanakan kegiatan tahun 2020 sesuai Rencana Aksi (Renaksi). Serta meningkatkan sinergi dengan stakeholder terkait, baik dengan pihak Kementerian, Pemda melalui dinas terkait, hingga tingkat Kelurahan dan Desa.

"Laksanakan renaksi dengan sebaik baiknya dengan tidak meninggalkan koordinasi dengan instansi instansi terkait. Kita harus sama sama menyelesaikan permasalahan permasalahan yang ada," ujar Pangdam dalam Rapat Koordinasi Satgas Citarum di Gedung PPK DAS Citarum, Jalan Dago, Bandung.

Menurutnya, Perpres No 15 Tahun 2018, salahsatu tujuannya agar semua stakeholder dan instansi terkait bekerjasama dan bekerja bersama sama mengembalikan sungai Citarum menjadi harum.

"Tadi kan kita cek semua lembaga dan instansi yang ada di Jawa Barat, kesiapan mereka semuanya untuk menyelesaikan permasalahan bersama sama," ungkap Mayjen Budi Wiryanto, seusai rapat.

Dirinya juga menyebutkan sudah banyak perkembangan yang telah dilakukan oleh Satgas Citarum, khususnya jajaran Dansektor. Namun salahsatu permasalahan sampah domestik, dibutuhkan tingkat kerjasama dari semua pihak, mulai dari tingkat Pemda hingga tingkat Kelurahan.

"Makanya tadi juga saya sudah koordinasikan dengan pak Bob (BBWS), bahwa ada anggarannya, dan mudah mudahan ada. Kita cek dulu, kita tanya dengan yang bersangkutan, kalo ada ya kita buatkan semisal ipal komunal bagi masyarakat," jelasnya.

Perlu keterlibatan dari semua pihak dan tingkat kewilayahan, "kita harus edukasi dan sampaikan terus kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan ke sungai," papar Pangdam.

"Kita mengajak semua masyarakat, ini kan kepentingan bersama untuk anak cucu kita, bukan untuk saat ini saja. Kalo kita jaga alam, alam akan jaga kita, tidak akan terjadi bencana, banjir dan sebagainya," pungkas Pangdam. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar